Breaking News:

Gubernur Ganjar Pranowo Tetapkan Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah. Segini Jumlahnya

Karena pada Minggu ketiga bulan November UMK tahun 2019 se Jawa Tengah harus ditetapkan.

Penulis: Daniel Ari Purnomo | Editor: suharno
Tribunjateng.com/Hermawan Handaka
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meresmikan Toko Alfamidi yang bekerjasama dengan SMK N 2 Semarang, Kamis (25/10). Kerjasama anara PT. Midi Utama dengan SMK 2 Semarang ini diharap bisa mengembangkan kurikulum ritel di sekolah dalam mengembangkan berwirausaha. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Jawa Tengah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2019 sebesar Rp 1.605.396.02.

Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 560/62 Tahun 2018 tentang UMP Jateng 2019 berlaku mulai 1 Januari 2019.

"Formula baru karena PP-nya ketentuannya begitu. Pertumbuhan ekonomi dan inflasinya sudah ditentukan. Maka kita tinggal menentukan rumus itu ke Jawa Tengah," kata Ganjar, Kamis (1/11/2018).

Baca: Naik 8,03 Persen, UMP 2019 DKI Ditetapkan Rp 3,9 Juta

Penetapan UMK menjadi wewenang bupati walikota.

Menggunakan rumus yang telah ditetapkan Kementerian Tenaga Kerja yakni pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang sudah ditentukan.

"Maka sebenarnya kita sudah gampang lagi dari sisi formula. Kita bisa tetapkan dan sebentar lagi kita surati teman-teman bupati dan walikota untuk menghitung masing-masing dan segera mengusulkan," katanya.

Atas surat edaran tersebut, bupati dan walikota paling lambat menyerahkan usulan UMK ke Gubernur Jawa Tengah pada tanggal 5 November.

Karena pada Minggu ketiga bulan November UMK tahun 2019 se Jawa Tengah harus ditetapkan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved