Klaim Punya Hak Milik, Dinas akan Periksa Dokumen Warga di Bantaran Sungai Brebes

Sekitar 75 unit rumah warga di bantaran sungai irigasi Pemali Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Brebes, akan digusur

Klaim Punya Hak Milik, Dinas akan Periksa Dokumen Warga di Bantaran Sungai Brebes
Tribun Jateng/ Mamdukh Adi Priyanto
Warga menggelar aksi penolakan rencana penggusuran tempat tinggal mereka untuk normalisasi di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, baru baru ini.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Sekitar 75 unit rumah warga di bantaran sungai irigasi Pemali Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Brebes, akan digusur untuk keperluan normalisasi sungai.

Proyek normalisasi itu dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain 75 rumah, ada 25 unit rumah yang pemiliknya mengklaim memiliki dokumen sah hak milik tanah di bantaran sungai tersebut.

Kepala Dinas Pengairan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Brebes, Agus Ashari, menuturkan akan memeriksa dokumen kepemilikan tanah yang diklaim warga.

"Jika memang ada lahan milik pribadi, kami ukur dulu dan melihat kondisi di lapangan. Kemudian, jika penghuni rumah memiliki data kepemilikan, tentu tidak langsung dibabat habis. Diproses dulu," kata Agus, Kamis (1/11/2018).

Proses yang ia maksud yakni, pihaknya akan mengerahkan petugas penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) untuk memeriksa data kepemilikan tersebut.

Menurutnya, proyek tersebut merupakan program pemerintah pusat. Pihaknya diminta untuk menyampaikan dan mensosialisasikan kepada pemilik bangunan di daerah irigasi tersebut.

Karena itu, pihaknya membentuk tim untuk pendataan, sosialisasi, kemudian nantinya penertiban.

"Kalau benar dalam proses pemeriksaan, data kepemilikan tanah itu sah, kenapa harus dibongkar?" ucapnya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved