Kebakaran di Pasar Legi Solo, Pemkot Sediakan Sebagian Bangunan Bekas Pasar Klewer untuk Pedagang

Pemkot Solo langsung gerak cepat menyediakan lapak darurat bagi pedagang Pasar Legi, setelah pasar tersebut terbakar 29 Oktober lalu

Kebakaran di Pasar Legi Solo, Pemkot Sediakan Sebagian Bangunan Bekas Pasar Klewer untuk Pedagang
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Wali Kota Rudy memimpin pemindahan sebagian bangunan bekas pasar darurat Pasar Klewer di Alun-alun Utara Keraton menuju pasar darurat Pasar Legi Solo, Sabtu (3/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemkot Solo langsung gerak cepat menyediakan lapak darurat bagi pedagang Pasar Legi, setelah pasar tersebut terbakar 29 Oktober lalu.

Pemkot pun menyediakan sebagian bangunan bekas pasar Klewer yang tak terpakai di Alun-alun Utara Keraton untuk dipakai pedagang di pasar darurat Pasar Legi.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang turun langsung mengecek proses pemindahan itu mengatakan, lapak darurat untuk pedagang Pasar Legi harus aman dan nyaman.

"Jadi kita pusatkan pasar darurat Pasar Legi Solo di area parkir pasar di belakang masjid," ujar Rudy, Sabtu (3/11/2018).

Rudy menjelaskan fokus Pemkot Solo saat ini adalah menyediakan tempat bagi pelapak terlebih dahulu. Kemudian pihaknya akan mendata para pedagang yang berhak berjualan di tempat tersebut.

"Pengaturan secara teknis oleh Dinas Perdagangan Solo," ujar Rudy.

Sebelumnya untuk pasar darurat menurut Rudy akan dibuat di sejumlah titik. Di antaranya di kawasan Jalan Halmahera, Jalan Lumban Tobing, Jalan Sabang kawasan sekitar Monumen Banjarsari (Monjari), juga memaksimalkan lahan sekitar Pasar Legi Solo.

Pemkot Solo juga berencana menata pelataran parkir di kawasan Pasar Legi Solo.

"Nanti kita pasang tenda dahulu bagi para pedagang. Kurangnya bisa kita carikan lagi. Ukurannya dua kali ke empatlah paling tidak," urainya.

Menurut Rudy, Kemendag telah mengirim 100 tenda bagi para pedagang terdampak pembangunan Pasar Legi. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved