Breaking News:

Stekom Semarang Perkenalkan Dunia Bisnis dan Kewirausahaan pada Mahasiswa

Stekom Semarang menggelar Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan di kampus Stekom PAT, Jalan Majapahit No 605 Semarang

Istimewa
Personal development trainer, Muhammad Amin, mengajak mahasiswa Stekom melakukan senam otak dalam seminar dan pelatihan kewirausahaan yang digelar di kampus Stekom. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (Stekom) Semarang menggelar Seminar dan Pelatihan Kewirausahaan di kampus Stekom PAT, Jalan Majapahit No 605 Semarang, Sabtu (3/11/2018). Ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan meramaikan seminar tersebut.

Hadir sebagai narasumber seminar dan pelatihan itu adalah Siswo Haryoto, perwakilan PT Niko Elektronik Indonesia, Ketua Komunitas Sales Indonesia (Komisi) Jawa Tengah Titien Marlina, Personal Development Trainer Muhammad Amin, dan Sekretaris Komisi Jateng Rifky.

Dosen Komputer Akuntansi Stekom sekaligus panitia, Ani Setyowati mengatakan, tujuan diadakan seminar dan pelatihan ini yaitu mengenalkan dunia bisnis dan kewirausahaan kepada mahasiswa.

Menurutnya, mahasiswa tidak hanya bergulat dengan materi perkuliahan namun di tengah susahnya mencari pekerjaan saat ini, diharapkan mahasiswa mampu menciptakan lapangan usaha sendiri. Bahkan diharapkan mahasiswa mampu menciptakan kesempatan kerja untuk orang lain.

"Melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan, mahasiswa harus lebih cermat dalam melihat peluang usaha. Sehingga memiliki tekat yang kuat dalam mengambil keputusan dalam memulai sebuah usaha," kata Ani.

Menurutnya, salah satu bentuk usaha yang menghasilkan peluang penghasilan besar tanpa modal dan diperlukan banyak perusahaan adalah menjadi marketer (penjual atau sales) dengan cara memasarkan produk atau jasa dari perusahaan. Namun untuk menjadi seorang sales itu tidak mudah karena tidak semua orang bisa.

"Mahasiswa harus berani bermimpi dan harus berani bertindak untuk mewujudkan mimpi. Untuk bisa, itu harus terbiasa dan membiasakan diri," tuturnya.

Dalam paparannya, Ketua Komisi Jawa Tengah, Titien Marlina mengatakan sebagai mahasiswa harus semangat untuk maju dan jangan pernah menggantungkan diri kepada pemerintah.

Mahasiswa harus mempunyai mental enterpreneur yang harus mulai dipupuk sejak awal.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved