PKL Karya Mandiri Karangtempel Minta Pemkot Semarang Segera Bangun Infrastruktur Tempat Relokasi

Ketua Paguyuban Karya Mandiri PKL Karangtempel, Rahmat Yulianto mengatakan, progres pembangunan baru mencapai 50 persen

PKL Karya Mandiri Karangtempel Minta Pemkot Semarang Segera Bangun Infrastruktur Tempat Relokasi
Tribunjateng.com/M Zaenal Arifin
Pekerja melakukan pembangunan kios untuk relokasi PKL Barito Kelurahan Karangtempel di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, Selasa (6/11/2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proses pembangunan pasar relokasi di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) untuk para pedagang kaki lima (PKL) Barito yang berada Kelurahan Karangtempel, masih berjalan. Lamanya pembangunan dikarenakan dilakukan secara swadaya dengan menggunakan dana PKL sendiri.

Ketua Paguyuban Karya Mandiri PKL Karangtempel, Rahmat Yulianto mengatakan, progres pembangunan baru mencapai 50 persen dari total lima blok yang akan menampung 468 PKL di Karangtempel. Saat ini, katanya, pembangunan kios relokasi tersebut dalam tahap percepatan agar bisa segera ditempati.

"Kami sudah melakukan percepatan. Tapi kami berharap ada dukungan dari Pemkot Semarang untuk melakukan percepatan juga dengan segera membangun sarana dan prasarana infrastrukturnya," kata Yulianto, Selasa (6/11/2018).

Infrastruktur yang dimaksud yaitu pembangunan jalan dan saluran air. Pasalnya, saat ini sudah masuk musim penghujan sehingga jika sarana infrastruktur tersebut tidak segera dibangun maka tempat relokasi tersebut tidak bisa ditempati.

"Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) juga harus melakukan percepatan dengan cara segera membangun jalan dan salurannya. Saat ini saja, truk material tidak bisa masuk lokasi," ucapnya.

Yulianto menyatakan, rencananya proses kepindahan para PKL ke pasar relokasi di kawasan MAJT akan dilakukan awal Desember mendatang dengan jumlah 468 PKL. Sementara sekitar 100 PKL lainnya nanti akan pindah ke Pasar Barito Baru di Penggaron.

Hanya saja, 100 PKL tersebut hingga sekarang tetap bertahan di lokasi lama. Mereka menyatakan akan pindah bersamaan dengan PKL lainnya yang akan pindah ke kawasan MAJT.

"Saya sepakat dengan Pemkot dalam hal ini Dinas Perdagangan yang meminta PKL yang pindah ke Penggaron segera pindah. Karena mereka kan sudah dapat tempat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pihaknya telah meninjau lokasi pembangunan tempat relokasi PKL Karangtempel di kawasan MAJT, Selasa (6/11/2018). Dari tinjauannya, diketahui baru tiga blok saja dari total lima blok kios PKL yang sudah selesai dibangun.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved