BBWS Pemali Juana Siap Lanjutkan Normalisasi Sungai BKT Tahap II Mulai Majapahit Sampai Penggaron

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana berencana melanjutkan normalisasi tahap II yang dimulai dari Jembatan Jalan Majapahit hingga Penggaron

BBWS Pemali Juana Siap Lanjutkan Normalisasi Sungai BKT Tahap II Mulai Majapahit Sampai Penggaron
tribunjateng/tim liputan khusus
Lebar sungai yang semula 20 meter kini hanya tinggal 5 meter. BKT akan dinormalisasi mulai tahun 2017. Gambar adalah animasi desain BTK masa depan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proses normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) tahap I yang dimulai dari hilir sampai jembatan Jalan Majapahit, saat ini dalam proses percepatan agar bisa selesai akhir 2018 ini.

Meski demikian, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana berencana melanjutkan normalisasi tahap II yang dimulai dari Jembatan Jalan Majapahit hingga Penggaron.

Normalisasi tahap II yang direncanakan dimulai 2019 mendatang diprediksi akan lebih sulit pengerjaannya. Kendalanya di sepanjang bantaran sungai tersebut telah berubah menjadi permukiman warga.

Sehingga kendala sosialnya akan lebih besar dibanding tahap I yang saat ini masih proses.

Untuk itu, Dinas Perdagangan Kota Semarang bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana (BBWS) telah berkoordinasi dengan Kecamatan dan Kelurahan terdampak normalisasi Banjirkanal Timur tahap II.

Menurutnya, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, sebelum dilaksanakannya tahapan-tahapan lanjutan di antaranya relokasi.

"Kami tidak ingin agar permasalahan sosial yang komplek kembali terjadi, seperti saat kegiatan normalisasi Banjirkanal Timur tahap I. Makanya kami minta agar BBWS melakukan sosialisasi dulu ke warga. Selanjutnya, agar proses sesuai target jadwal yang ditetapkan,'' kata Kepala Dinas Perdagangan, Fajar Purwoto, Senin (12/11/2018).

Normalisasi Banjirkanal Timur tahap kedua direncanakan berlangsung pada awal 2019.

Normalisasi akan berdampak di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Semarang Selatan, Kecamatan Gayamsari, Kecamatan Pedurungan, dan Kecamatan Tembalang.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved