Breaking News:

Tips : Rahasia Sukses ASI Eksklusif

Pengertian dari ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi tanpa ada makanan tambahan cairan lain misalnya susu formula

Editor: Catur waskito Edy
Shutterstock
Ilustrasi ibu menyusui atau Air Susu Ibu (ASI). 

TRIBUNJATENG.COM -- Para ibu tau kah engkau apa yang dimaksud dengan ASI eksklusif?

Pengertian dari ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi tanpa ada makanan tambahan cairan lain misalnya susu formula, segala buah, air teh, madu maupun tanpa ada makanan tambahan padat seperti halnya pisang, pepaya, bubur susum, biscuit dan hal lain yang sejenis.

Ibu apabila hendak memberikan ASI eksklusif kepada anak maka dianjurkan untuk jangka waktu sekitar 6 bulan, adapun setelah 6 bulan bayi boleh diperkenalkan dengan makanan padat.

Adapun pemberian ASI kepada bayi dapat diberikan dalam jangka waktu selama 2 tahun atau dan boleh lebih dari 2 tahun.Adapun agar produktifitas ASI berjalan lancar maka Bunda percaya diri.

Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Air susu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Komposisinya pun lebih mudah dicerna ketimbang susu formula.

Ada banyak Manfaat dari pemberian ASI Eksklusif. Pertama sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat.

Air susu ibu mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang bisa membantunya melawan bakteri dan virus. Jadi, bayi yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang penyakit, seperti diare, asma, alergi, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, konstipasi, sindrom kematian bayi mendadak, dan meningitis.

Bayi yang diberi ASI juga berisiko lebih rendah untuk mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari, ketimbang bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif.

Kedua membuat Si Kecil Cerdas Ingin memiliki anak yang cerdas?Coba beri bibit jitu sejak dia masih kecil, yaitu ASI eksklusif.

Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara Anda dan Si Kecil yang terjalin selama proses menyusui akan turut memberi kontribusi positif. Ketiga tubuh lebih cepat langsing.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved