Breaking News:

Pengusaha Bingung Urus Nomor Induk Berusaha, Bea Cukai Semarang Gelar Sosialisasi ‎OSS

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang menyelenggarakan sosialisasi implementasi OSS.

ISTIMEWA
Petugas Bea Cukai saat melakukan Sidak barang penumpang di bandara. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yayan Isro' Roziki

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah telah menerapkan sistem perizinan secara online, melalui Online Single Submission (OSS), sejak beberapa waktu lalu.

Hanya, belum semua pengusaha memahami sistem baru, yang dicanangkan pemerintah pusat tersebut.

Karena itu, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) A Semarang, menyelenggarakan sosialisasi implementasi OSS, dengan mengundang pemangku kepentingan, di Ruang Aula Lantai 4 Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Selasa (13/11/2018).

Selain itu, para pelaku dunia usaha juga turut hadir, di antaranya para pengusaha Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dan pengusaha Barang Kena Cukai (BKC) di bawah pengawasan KPPBC Semarang, ‎‎

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Iwan Hermawan, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Sejak diterbitkannya PP itu, pemerintah menggariskan ketentuan baru bahwa segala sesuatu terkait dengan perizinan akan menggunakan sistem Online Single Submission (OSS).

"Termasuk dalam hal kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai," kata Iwan, dalam keterangan tertulisnya, kepada Tribun Jateng.

Baca: Bea Cukai Musnahkan Ribuan Barang Tidak Dikuasai dan Barang Milik Negara

Disampaikan, ‎dalam melakukan kegiatannya, pemangku kepentingan di Kantor Bea Cukai Semarang tentu akan bersinggungan dengan perizinan-perizinan dari instasi terkait.

"Melalui forum sosialisasi ini dengan dibantu Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Jawa Tengah, kita akan dapat mendapat pemahaman lebih lanjut, dapat berdiskusi dan bertukar informasi tentang apa itu OSS”, imbuh Iwan.

Halaman
123
Penulis: yayan isro roziki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved