Breaking News:

Panwas di Banyumas Copot APK di Tempat Terlarang, Termasuk Poster Jokowi Raja

Poster bergambar Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, betebaran di Kabupaten Banyumas dan dicopot oleh Panwascam

Penulis: khoirul muzaki | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/ Khoirul Muzakki
Panwascam Cilongok tertibkan APK di tempat terlarang, termasuk poster Jokowi Raja.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Poster bergambar Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, betebaran di Kabupaten Banyumas.

Jokowi dalam poster itu terlihat mengenakan mahkota. Selain gambar, poster itu juga dibumbui tulisan Ayo Kita Bekerja untuk Rakyat, serta lambang PDI Perjuangan.

Poster bergambar Jokowi Raja itu pun jadi sasaran penertiban oleh Panwascam Cilongok selain Alat Peraga Kampanye (APK) bergambar lain di seputaran wilayah Cilongok.

Anggota Panwascam Cilongok Isrodin mengatakan, pihaknya mulanya mendapati banyak poster bergambar Jokowi mengenakan mahkota di sejumlah desa. Namun, saat akan dilakukan penertiban, banyak poster yang telah hilang atau diturunkan.

"Kami mengamankan 6, awalnya banyak, tapi saat penertiban, yang di 6 desa hilang," katanya.

Panwas menurunkan 50 APK Pemilu yang terpasang di sisi jalan raya, termasuk poster Jokowi Raja.

Penertiban ini dilakukan bersama Panwaslu Desa didampingi Satpol PP Kecamatan Cilongok di 9 desa di Kecamatan Cilongok.

Selain poster bergambar Jokowi Raja, ada beberapa APK bergambar Calon Legislatif yang ditertibkan. Spanduk bergambar pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandiaga Uno yang melintang dijalan juga ikut diturunkan.

APK itu ditertibkan bukan tanpa alasan. Keberadaan APK itu dianggap melanggar peraturan Pemilu karena rata-rata dipasang di tempat terlarang, semisal di pohon, tiang listrik maupun dipasanh melintang di jalan.

"Bahkan ada yang kebangetan, memasang di halaman lembga pendidikan,"katanya

Panwas tidak gegabah dalam menertibkan APK ini. Sebelumnya, kata Isrodin, Panwaskab Banyumas sudah mengirim surat pemberitahuan ke partai bersangkutan yang bersifat persuasif.

Pihaknya juga mengklarifikasi timses di tingkat kecamatan agar segera memindah atau atau mencopot sendiri APKnya sebelum diturunkan paksa petugas.

"Ada yang melaksanakan dan ada yang tidak. Yang tidak, kita tertibkan dan APK nya kita simpan di sekretariat Panwaslu kecamatan," katanya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved