Setahun Hilang, Kapal Selam Militer Argentina Ditemukan di Kedalam 800 Meter

tim pencari kapal selam yang hilang satu tahun lalu telah berhasil menemukan kapal selam tersebut

Setahun Hilang, Kapal Selam Militer Argentina Ditemukan di Kedalam 800 Meter
Dok via VoA Indonesia
Kapal selam militer Argentina, ARA San Juan dan awak kapalnya saat meninggalkan pelabuhan Buenos Aires, Argentina, 2 Juni 2014. 

TRIBUNJATENG.COM - Angkatan Laut Argentina, Sabtu pagi (17/11/2018) mengatakan tim pencari kapal selam yang hilang satu tahun lalu telah berhasil menemukan kapal selam tersebut.

Kapal selam “ARA San Juan” yang membawa 44 awak itu terdeteksi di kedalaman 800 meter di lepas pantai Semenanjung Valdes di Patagonia Argentina.

Angkatan Laut Argentina mengatakan “identifikasi positif” itu dilakukan oleh sebuah kapal selam yang dioperasikan dari jarak jauh oleh kapal Amerika “Ocean Infinity” yang disewa sebagai upaya terakhir menemukan kapal selam yang hilang itu.

Pengumuman itu hanya dua hari setelah keluarga para pelaut yang hilang itu mengadakan upacara memperingati satu tahun hilangnya kapal selam naas itu.

Kapal selam “ARA San Juan” terakhir kali melakukan kontak pada 15 November 2017.

Angkatan Laut mengatakan kapten kapal selam itu melaporkan bahwa air laut memasuki snorkel yang digunakan untuk mengambil udara dari permukaan ketika kapal selam memasuki laut. Air menetes ke salah satu batere yang menyebabkan korsleting listrik.

Beberapa saat kemudian, lewat telpon satelit, kapten itu mengatakan telah berhasil mengatasi masalah tersebut. Tetapi beberapa jam kemudian terjadi ledakan di tempat dimana kapal itu terakhir kali dapat berkomunikasi.

Kapal selam itu memiliki cukup oksigen untuk bertahan di bawah air selama 10 hari.

Tahun lalu pada akhir November misi penyelamatan diakhiri. (*)

Artikel ini telah tayang di VoA Indonesia dengan judul Kapal Selam Argentina yang Hilang Setahun Lalu, Ditemukan

Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved