Anantaka Gelar Kampanye Publik Ajak Anak Kota Semarang Berekspresi di Pasar Semarangan Tinjomoyo

Yayasan Anantaka bekerjasama dengan beberapa komunitas mengadakan kampanye publik partisipasi anak di Pasar Semarangan Tinjomoyo.

Anantaka Gelar Kampanye Publik Ajak Anak Kota Semarang Berekspresi di Pasar Semarangan Tinjomoyo
ISTIMEWA
Anak-anak berekspresi membuat berbagai karya dalam kampanye publik partisipasi anak memperingati Hari Anak di Pasar Semarangan Tinjomoyo. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka memperingati hari anak sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November, Yayasan Anantaka bekerjasama dengan beberapa komunitas mengadakan kampanye publik partisipasi anak di Pasar Semarangan Tinjomoyo.

Koordinator Anantaka, Tsaniatus Sholihah mengatakan, kampanye publik tersebut mengusung tema berani berekspresi wujud partisipasi.

Ia mengatakan, tema itu diambil karena ruang ekpresi anak-anak di Kota Semarang masih sangat terbatas.

"Sudah ada forum anak kota tetapi ini masih terbatas hanya anak sekolah belum melibatkan kelompok anak lain seperti anak difabel, anak panti asuhan, anak kampung dan lainnya," kata Ika, sapaannya Senin (19/11/2018).

Dalam acara tersebut, dimulai dari kolase dimana anak-anak bisa mengekpresikan dirinya melalu media gambar yang digunting dan ditempel pada satu pabel besar.

Kemudian juga ada workshop gambar dengan media cat air. Dengan begitu, mereka bebas menggambar apa saja yang mereka inginkan.

Selain itu, juga ada dolanan anak untuk melatih mereka berinteraksi dengan teman-teman baru dan panggung ekspresi yang menampilkan beberapa performance di antaranya pembacaan puisi, tarian dan menyanyi.

"Dengan adanya kampanye publik partisipasi anak ini, katanya, diharapkan bisa memberikan ruang partisipasi anak. Anak-anak bebas menekspresikan dirinya melalu berbagai media yang mereka suka," harapnya.

Dalam kesempatan itu, lanjutnya, juga dilakukan pengukuhan forum anak Kelurahan Kemijen sebagai percontohan di Kota Semarang.

Dimaksudkan, partisipasi bisa diberikan untuk anak-anak di semua level termasuk di level kelurahan. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved