Hakim Vonis Mantan Bupati Semarang Bebas dalam Kasus Money Politics

Mantan Bupati Semarang, Jawa Tengah, Siti Ambar Fathonah divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Ungaran

Hakim Vonis Mantan Bupati Semarang Bebas dalam Kasus Money Politics
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
Siti Ambar Fatonah dan Sarwono Divonis Bebas 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Mantan Bupati Semarang, Jawa Tengah, Siti Ambar Fathonah divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Ungaran, terkait dugaan money politics pada Pemilu 2019.

Majelis hakim yang dipimpin hakim Tri Retnaningsih juga membebaskan terdakwa dari tuntutan pidana terkait pelanggaran pemilu. Hal tersebut diputuskan dalam sidang di PN Ungaran, Senin (19/11/2018).

Hakim mengatakan, perbuatan terdakwa Siti Ambar Fathonah terkait dugaan memberikan sejumlah uang pada sebuah pergelaran wayang kulit tidak termasuk dalam pelanggaran pidana.

"Perbuatan terdakwa memenuhi unsur pasal yang didakwakan, namun terdakwa tidak bisa dipidana. Perbuatan terdakwa harus diselesaikan secara hukum administratif," ujar hakim.

Hakim menjelaskan, dalam perkara ini terdakwa dinyatakan telah memenuhi semua unsur sebagaimana di dalam dakwaan.

Sebagai calon anggota legislatif, terdakwa terbukti telah mengenalkan diri sebagai calon legislatif, serta asal usul partai pengusungnya. Hal itu disampaikan saat kegiatan pewayangan di Desa Pakopen, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang pada 23 September 2018 lalu.

Hakim juga mengatakan, panitia acara wayangan juga dikategorikan sebagai peserta kampanye. Hanya saja, perbuatan yang dilakukan bukan masuk perbuatan pidana.

"Perbuatan terdakwa bukan termasuk perbuatan pidana," tambahnya. Vonis bebas ini berbeda dengan permintaan jaksa penuntut umum yang meminta hukuman selama dua bulan penjara.

Jaksa sebelumnya menuntut politikus Partai Golkar itu melanggar ketentuan Pasal 521 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Atas hal ini, Siti Ambar Fathonah menyatakan menerima. Hal berbeda disampaikan jaksa yang memilih mengajukan banding atas perkara tersebut.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved