Mobil Perpustakaan Keliling Kabupaten Batang Kewalahan Hadapi Permintaan Sekolah

Mobil perpustakaan selalu disambut gembira, dan mendapat antusias yang luar biasa oleh para pelajar saat mendatangi sekolah mereka

Mobil Perpustakaan Keliling Kabupaten Batang Kewalahan Hadapi Permintaan Sekolah
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Mobil Perpustakaan Kelilingi dikerubungi para pelajar saat mendatangi SD Negeri Cepagan 01, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (21/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Untuk meningkatkan minat baca kepada para pelajar di Kabupaten Batang, Pemkab melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) melakukan program jemput bola keliling ke sekolah-sekolah dengan menggunakan mobil perpustakaan.

Mobil perpustakaan selalu disambut gembira, dan mendapat antusias yang luar biasa oleh para pelajar saat mendatangi sekolah mereka.

Hal itu terlihat saat mobil perpusling mendatangi SD Negeri Cepagan 1, Kecamatan Warungasem, para pelajar langsung mengerubungi mobil untuk mengambil buku.

Bahkan para pelajar tidak hanya mengambil satu buku, namun sekaligus dua sampai tiga buku untuk segera dibaca.

Lengkapnya koleksi buku yang dibawa oleh mobil perpusling menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para pelajar, karena di perpustakaan sekolah buku koleksi buku tidak lengkap.

Kasi Pelayanan, Informasi dan Kerjasama Perpustakaan Kabupaten Batang, Sutiyawati mengatakan untuk minat baca para pelajar di Kabupaten Batang sangat tinggi dimana bisa dilihat dari antusiasme sekolah dalam mengajukan mobil perpus untuk datang.

"Kalau antusiasme nya alhamdulillah sangat tinggi, permintaan banyak dari sekolah agar bisa didatangi mobil perpusling ini," tuturnya, Rabu (21/11/2018).

Namun, tingginya permohonan tidak diimbangi dengan armada mobil perpus yang hanya ada lima unit.

"Kami hanya ada lima mobil perpus, sedangkan di Kabupaten Batang ada sekitar 300an sekolah, sehingga satu sekolah satu kali jadwal dalam satu tahun," ujarnya.

Sutiyawati menambahkan, selain hadir di sekolah mobil perpusling juga sering dibawa ke alun-alun serta ke sejumlah pondong pesantren.

Sementara, untuk koleksi buku yang ada di Disperpuska Kabupaten Batang sampai sekarang sudah mencaoai dua puluhan ribu buku akan tetapi jumlah tersebut terbilang masih belum cukup karena minat baca masyarakat tinggi. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved