PLN Wujudkan Kondisi Kelistrikan Ekselen Dengan Gelar Bhakti PDKB

PLN Unit Induk Distribusi Jateng & DIY menggelar Bhakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di halaman Hotel Alana

dok PLN
Gelar Bhakti PDKB PLN 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu
TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - PLN Unit Induk Distribusi Jateng & DIY menggelar Bhakti Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di halaman Hotel Alana, Yogyakarta, Rabu (21/11/2018).

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keandalam jaringan.

Sebelumnya PDKB juga telah dilakukan pada 24 Oktober 2018.

Kali ini PDKB diikuti oleh 12 Tim PDKB di seluruh Wilayah Jawa Tengah & DIY.

“Saya memberikan apresiasi setinggi – tingginya atas penyelenggaraan Bhakti PDKB 2018, apel ini merupakan bukti kesungguhan dan komitmen PLN dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendukung terciptanya kondisi kelistrikan yang ekselen," tutur Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat apel, Rabu (21/11/2018)

Dalam apel ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun sebagai pembina apel, jajaran Forkompimda Kabupaten Sleman mulai dari perwakilan Kodim, Polres hingga Kejari Sleman.

Manajer PLN UP3 Yogyakarta, Eric Rossi Priyo Nugroho menjelaskan jika kegiatan Bhakti PDKB kali ini berpusat di Yogyakarta, dengan melakukan perbaikan di titik – titik yang telah di lakukan survei terlebih dahulu oleh PLN UP3 Yogyakarta dan ULP Sleman.

"Dalam kegiatan hari ini kita mengundang 12 regu (PDKB) dengan total kurang lebih 100 orang untuk mengerjakan 40 titik yang terbagi di daerah Jalan Palagan, Jalan Damai dan sekitarnya yang jaringan," jelas Eric saat apel.

Eric juga menambahkan dengan kegiatan Bhakti PDKB ini, pekerjaan bisa dilakukan dengan mempersingkat waktu.
Pekerjaan yang harusnya dilakukan dalam 30 hari, bisa dilakukan dalam 1 hari saja.

"Biasanya pemeliharaan dilakukan oleh tim PDKB Yogyakarta, karena Yogyakarta hanya punya 1 regu, pekerjaan tersebut biasanya dilakukan selama 30 hari. Dengan kegiatan ini kita bisa menghemat waktu melakukan sebanyak 40 titik tersebut dalam 1 hari," ujar penjelasannya.

Dengan kegiatan ini, perkiraan pelanggan yang tidak akan merasakan padam sekitar 16.563 pelanggan, energi yang terselamatkan 175 ribu kWh, dan estimasi rupiah yang diselamatkan sekitar 200 juta rupiah.

"Perolehan kinerja tersebut tidak lepas dari peran tim PDKB yang lebih dikenal sebagai pasukan elit PLN. Personil elit tersebut sebelumnya telah diseleksi, dididik dan dilatih dengan ketat," jelas Eric.

Jika terdapat kesalahan dalam oprerasi ketika bekerja, maka nyawa taruhannya. Oleh karena itu, untuk peningkatan pelayanan khususnya kehandalan pada pasokan energi listrik.

PLN telah menyiapkan dengan baik petugas PDKB yang sigap dan andal serta penuh perhitungan dalam bertugas di lapangan.

"Selama tahun 2018 sampai dengan Bulan Oktober 2018 Tim PDKB di 12 UP3 telah melaksanakan pekerjaan di 5.472 titik pekerjaan dengan estimasi energi yang diselamatkan sebesar 27 juta kWh," tutur penjelasan Eric. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved