Peringati Hari Guru Nasional, Wali Kota Hendi Berkomitmen Sejahterakan Guru di Semarang

Mengenai upah guru, Hendi mengungkapkan bahwa guru yang termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Semarang telah menerima upah minimal UMK.

Peringati Hari Guru Nasional, Wali Kota Hendi Berkomitmen Sejahterakan Guru di Semarang
IST
Walikota Hendi berfoto bersama dengan guru-guru dan staf di UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Utara, Sabtu (24/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh hari ini, Minggu (25/11/2018), Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan komitmennya menyejahterakan seluruh guru di Kota Semarang.

“Sudah menjadi tugas kami, Pemerintah Kota Semarang memastikan proses belajar mengajar berjalan dengan baik,” ujar pria yang akrab dipanggil Hendi ini di UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Utara, Semarang, Sabtu (24/11/2018).

Dia mengungkapkan hal-hal paling dasar yang perlu dibenahi untuk menunjang proses belajar mengajar, semisal infrastruktur, sarana prasarana, dan sumber daya manusia.

“Pertama gedungnya harus oke. Kedua, gurunya harus punya bekal ilmu yang oke dan muridnya bisa mudah menjangkau sekolah, bayar tidak mahal atau bahkan gratis. Itu semua menjadi komitmen kami,” tutur Hendi.

Mengenai upah guru, dia mengungkapkan bahwa guru yang termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Semarang telah menerima upah minimal UMK.

“Kami juga telah menetapkan gaji guru ASN minimal UMK jadi sudah lebih baik," ungkap Hendi.

“Persoalannya, ada yang namanya lembaga pendidikan swasta. Belum tentu sekolah swasta itu semua kuat. Ada guru non-ASN yang gajinya belum mencapai UMK, gedungnya juga belum bagus. Hari ini sedang kami pikirkan untuk menjangkau ke wilayah itu,” tandasnya. (*)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved