Pemerintah Kabupaten Semarang Beri Bantuan Ke 175 Penyandang Risiko Sosial

Pemerintah Kabupaten Semarang memberikan bantuan kepada 175 penyandang risiko sosial dari lima kecamatan, Senin (26/11/2018).

Pemerintah Kabupaten Semarang Beri Bantuan Ke 175 Penyandang Risiko Sosial
TRIBUN JATENG/AMANDA RIZQYANA
Penyerahan bantuan risiko sosial pada 175 penerima di Pendopo Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Senin (26/11/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Pemerintah Kabupaten Semarang memberikan bantuan kepada 175 penyandang risiko sosial dari lima kecamatan, Senin (26/11/2018).

Penyerahan bantuan bertempat di Pendopo Kecamatan Ambarawa.

Para penerima bantuan merupakan warga yang mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan belum pernah menerima bantuan sosial.

Penyerahan bantuan berupa uang tunai masing-masing Rp 1 juta itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Semarang, Mundjirin kepada perwakilan warga.

Saat memberikan sambutan, Mundjirin meminta para warga penerima bantuan menggunakan uang bantuan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Gunakan uang bantuan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Jangan digunakan untuk beli pulsa atau barang konsumtif lainnya. Ini wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Semarang untuk membantu warga agar dapat hidup layak dan terpenuhi kebutuhan pokok harian," ungkapnya didampingi Camat Ambarawa Suratno.

DPRD Kabupaten Semarang Setujui Tambahan Honor Bagi Guru Tidak Tetap

Disampaikan pula, jumlah warga kurang mampu di Kabupaten Semarang masih cukup besar.

Pemkab Semarang terus berupaya dengan berbagai program untuk mengentaskan mereka dari kemiskinan.

Satu di antara program jangka pendek tersebut ialah bantuan kepada warga penyandang resiko sosial.

Diakui, jumlah dana bantuan yang diterima relatif kecil. Namun diharapkan dapat digunakan secara tepat hanya untuk keperluan pokok sehari-hari.

"Rencananya, bantuan kepada warga penyandang resiko sosial akan dianggarkan lagi tahun depan. Hal tersebut bertujuan agar semakin merata penyebarannya di seluruh kecamatan," katanya lagi.

UMK 2019 Kabupaten Semarang, Perubahan Terbaru UMK Ungaran dan Sekitarnya

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Semarang, M Gunadi saat mendampingi Bupati pada acara itu menjelaskan total dana bantuan bagi penyandang resiko sosial pada APBD Kabupaten Semarang tahun 2018 ini mencapai Rp 800 juta.

Besaran bantuan yang diterima warga sasaran berkisar Rp 1 juta-Rp 1,5 juta sesuai kriteria yang telah ditentukan.

"Kriteria warga penerima terutama yang sedang terkena musibah dan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari," terangnya. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved