Breaking News:

Musim Hujan Datang, Warga dan BPBD Kota Pekalongan Kerja Bakti Hindari Banjir Rob

Sejumlah wilayah Kabupaten Pekalongan tengah mempersiapkan antisipasi bencana banjir lantaran sudah memasuki musim hujan.

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Istimewa
Sejumlah warga bersama anggota BPBD Kota Pekalongan, melakukan pembersihan sungai di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, Selasa (27/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sejumlah wilayah Kabupaten Pekalongan tengah mempersiapkan antisipasi bencana banjir lantaran sudah memasuki musim hujan.

Daerah hulu seperti Kota Pekalongan juga melakukan hal yang sama.

Pasalnya, tercatat ada 22 kelurahan dari 27 kelurahan se-Kota Pekalongan rawan dilanda banjir rob.

Kelurahan yang kerap banjir rob ini tersebar di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Pekalongan Selatan, Barat, Utara, dan Timur.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir rob, BPBD Kota Pekalongan mulai menggiatkan kegiatan bersih-bersih sungai yang dilakukan secara rutin.

12 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Siaga Bencana

Polisi Selidiki Dugaan Kasus Penyelewengan Dana Pembangunan Pasar Darurat Banjarsari Pekalongan

Supangat (55) warga Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara yang ikut berjibaku membersihkan sampah di sepanjang sungai di daerahnya bersama petugas BPBD sangat berharap banjir rob bisa diatasi dengan cara gotong-royong.

"Kami sudah lelah dengan rob yang melanda daerah kami tiap musim hujan datang, namun dengan gotong royong membersihkan aliran sungai jadi lebih bersih," paparnya, Rabu (27/11/2018).

Sementara itu, Adi Purwanto Kasi Rehabilitasi dan rekonstruksi BPBD Kota Pekalongan, menjelaskan kegitan tersebut dilakukan rutin setiap hari Rabu.

"Nanti pada 30 November kami juga agendakan bersih sungai massal di Sungai Bremi dengan menurunkan TNI, Polri, relawan, organisasi masyarakat dan perangkat daerah," katanya.

Hari Guru Nasional, Pemkot Pekalongan Beri Penghargaan ke Para Guru Berprestasi

Selain membersihkan sungai sejumlah persiapan menghadapi musim hujan juga dilakukan oleh BPBD, diantaranya mengaktifkan posko bencana 24 Jam di Kantor BPBD.

"Posko sudah kami aktifkan dari 1 November hingga 5 Januari tahun depan. Kami siagakan petugas dari Satgas BPBD dan relawan selama 24 jam yang akan dibagi dalam 3 shift. Nantinya masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa langsung lapor ke BPBD dan petugas akan langsung menuju ke lokasi," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved