HORE! Proyek Tol Trans Jawa Hampir Selesai

Presiden ingin, nantinya saat Trans Jawa telah tersambung total, ada integrasi tol dengan sektor pariwisata industri.

HORE! Proyek Tol Trans Jawa Hampir Selesai
PT Jasamarga Solo Ngawi
Jalan Tol Solo-Ngawi. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol ruas Sragen-Ngawi, Rabu (28/11). Presiden ingin, nantinya saat Trans Jawa telah tersambung total, ada integrasi tol dengan sektor pariwisata industri.

"Saya ingin pihak terkait bisa mengintegrasikan tol ini dengan pariwisata industri," paparnya.

Hal itu, papar Jokowi, karena jalan tol dapat meringkas waktu. Menurutnya dengan diresmikannya tol ini, proyek Tol Trans Jawa semakin hampir selesai.

"Artinya sebentar lagi di Jawa sampai Surabaya sambung semuanya. Kurang ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, hingga Wilangan-Kertosono. Rampung akhir Desember ini," ungkap dia.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengatakan setelah diresmikan, masyarakat dapat menikmati jalan tol itu secara gratis.

Menurutnya penggratisan dilakukan selama seminggu sebagai sosialisasi tarif dan golongan kendaraan. "Hal itu sesuai Diktum Kelima Kepmen PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018," papar dia.

Ia mengatakan pengoperasian tol Sragen-Ngawi adalah tahap ke tiga dari pengoperasian jalan tol Solo-Ngawi secara keseluruhan.

"Serta akan memangkas waktu tempuh sekitar 50%. Dari Solo ke Madiun yg biasanya ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam sekarang bisa kurang dari 1,5 jam," papar dia.

Ia mengatakan dengan dioperasikannya jalan tol Solo-Ngawi secara penuh akan meningkatkan konektivitas beberapa daerah. Di antaranya Boyolali, Solo, Karanganyar, Sragen dan Ngawi. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved