Info Terbaru, Fix! KA Joglosemarkerto Hubungkan Kota-kota di Jateng-DIY Diluncurkan 1 Desember

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memastikan kereta baru bernama Joglosemarkerto akan resmi melaju di rel pada 1 Desember 2018

Info Terbaru, Fix! KA Joglosemarkerto Hubungkan Kota-kota di Jateng-DIY Diluncurkan 1 Desember
reza gustav
KA Kamandaka 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memastikan kereta baru bernama Joglosemarkerto akan resmi melaju di rel pada 1 Desember 2018 mendatang.

Sebelumnya, adanya kereta Joglosemarkerto baru sebatas rencana dan membuat publik penasaran.

Rute Joglosemarkerto yang melingkar (loop) dan menghubungkan kota-kota di Jawa Tengah dan DIY dinilai sangat membantu masyarakat.

KA Joglosemarkerto Beroperasi, Pesan Tiket Kereta Kamandaka Purwokerto-Semarang Tak Dilayani

Inilah Jadwal dan Tarif Resmi KA Joglosemarkerto, Ada Diskon 10 Persen

Sehingga, penumpang tidak perlu transit di satu stasiun untuk ganti kereta.

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, MN Huda D Santoso, mengatakan perkembangan mobilisasi masyarakat di wilayah Purwokerto, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Bumiayu Brebes, Prupuk Kabupaten Tegal serta Tegal sangat pesat.

"Sehingga, membutuhkan transportasi handal, cepat, tepat waktu serta bebas kemacetan menuju kota-kota lain di Jawa Tengah dan DIY," jelasnya, Kamis (29/11/2018).

Karena itu,PT KAI menyambut peluang tersebut dengan meluncurkan kereta api rute Jogja-Solo-Semarang- Purwokerto-Jogja yang dinamakan KA Joglosemarkerto.

Joglosemarkerto melewati banyak kota di Jawa Tengah serta Yogyakarta.

Selama ini, kata dia, sebenarnya sudah ada perjalanan KA yang menghubungkan kota-kota tersebut, namun masih memerlukan perpindahan antar KA.

"Misalnya, KA Joglokerto rute Jogja ke Purwokerto, penumpang yang hendak menuju ke Tegal atau Pekalongan harus berganti dengan KA Kamandaka di Stasiun Purwokerto," jelasnya.

KA Joglosemarkarto merupakan perpaduan dari dua KA yang sebelumnya sudah ada, yakni KA Kamandaka dan KA Joglokerto.

Satu rute KA Kamandaka yang semula rute Semarang Tawang-Tegal-Purwokerto diteruskan menuju Jogja-Solo-Semarang Tawang.

Sementara, KA Joglokerto yang semula beroperasi dari Purwosari Solo menuju Purwokerto pulang pergi, akan diteruskan rutenya hingga Tegal-Semarang-Solo-Jogja.

"Dengan dibukanya rute baru, KA Joglosemarkarto, memberikan pilihan konektivitas tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut," ujar Huda.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved