KPK Tangkap Hakim dan Pengacara, Ditemukan Uang Rp 474 Diduga Terkait Perkara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT).

KPK Tangkap Hakim dan Pengacara, Ditemukan Uang Rp 474 Diduga Terkait Perkara
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Petugas KPK 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar operasi tangkap tangan (OTT).

Kali ini, enam orang, termasuk hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan pengacara, diamankan dari tempat terpisah di Jakarta pada Selasa (27/11) malam hingga Rabu (28/11) dini hari kemarin.

Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan, penangkapan tersebut berkaitan dengan penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Benar ada giat tadi malam sampai dini hari, di Jakarta. Terkait dengan penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata Agus dalam keterangan tertulisnya.

Agus belum bisa menjelaskan secara rinci siapa saja yang diamankan dan penanganan perkara perdata yang dimaksud. Yang jelas, keenam orang yang terjaring OTT tersebut telah dibawa dan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK.

"KPK mempunyai waktu 24 jam untuk menentukan status (saksi atau tersangka) para pihak yang diamankan. Tunggu konpers lebih lanjut," ujarnya.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, terdapat hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dari enam orang yang diamankan.

"Dari 6 orang tersebut, terdapat hakim, pegawai di PN dan advokat," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, dalam OTT ini, tim menemukan barang bukti berupa uang tunai sebanyak 45 ribu Dollar Singapura atau setara sekitar Rp 474.930.000 (Rp10.554/SGD), yang diduga terkait transaksi penanganan perkara perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. "Uang yang diamankan sekitar 45 ribuan dalam pecahan Dolar Singapura," kata Febri.

OTT yang dilakukan oleh pihak KPK terhadap penegak hukum atau pegawai Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, bukan kali ini saja terjadi.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved