408 Calon Kades Berkumpul, Bupati Tegal Berpesan Seperti Ini

408 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang 2 Tahun 2018 di Kabupaten Tegal

408 Calon Kades Berkumpul, Bupati Tegal Berpesan Seperti Ini
Tribun Jateng/ Akhtur Gumilang
Saat deklarasi damai di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebanyak 408 Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang 2 Tahun 2018 di Kabupaten Tegal melakukan deklarasi damai di Pendopo Amangkurat, Pemkab Tegal, Kamis (6/12/18).

Dalam arahannya, Bupati Tegal, Umi Azizah menyampaikan kepada panitia penyelenggara Pilkades untuk menjaga netralitas dan tidak menjadi simpatisan kepada salah satu Cakades.

“Junjung sikap profesionalisme dan kejujuran dalam rangka mewujudkan kehidupan demokratis,” tegas Umi Kepada Tribunjateng.com, usai acara.

Menurut dia, penyelenggaraan Pilkades yang berintegritas dan berkualitas sangat ditentukan oleh peran semua pihak.

Perihal kampanye, Umi menuturkan kepada semua Cakades untuk tidak menyinggung hal yang berbau ras, suku, agama dan tidak melakukan kerusuhan.

“Jaga kesatuan sosial dan penghormatan nilai-nilai luhur yang berlaku di masyarakat desa. Seperti guyub rukun, gotong-royong, dan tenggang rasa,” pesannya.

Kepada Kades yang terpilih, Umi menitip pesan untuk menjaga kekerabatan dan menjadi figur yang baik.

"Serta mampu mencairkan suasana serta mampu mempersatukan warganya. Ajarkan kepada warga bahwa memilih pemimpin tidak identik dengan nominal uang atau pemberian fasilitas. Serta tidak menyebarkan ujaran kebencian,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal, Prasetyawan melaporkan bahwa sebelumnya terdapat 116 desa yang akan mengikuti Pilkades Gelombang II Tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved