Breaking News:

Pjs Dirut PDAM Tirta Moedal Sebut SPAM Semarang Barat Jadi Pioner Skema KPBU

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang akan melaunching proyek pembangunan Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat

Penulis: m zaenal arifin | Editor: galih permadi
Elisabet Harahap
Karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang sedang melaksanakan sholat sunan istiqa. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang akan melaunching proyek pembangunan Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat, Rabu (12/12/2018).

Proyek tersebut merupakan skema kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Launching tersebut sekaligus menandai dimulainya proyek pembangunan SPAM Semarang Barat yang akan dilakukan oleh PT Air Semarang Barat (ASB), PDAM Tirta Moedal, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII).

PT ASB dibentuk oleh konsorsium PT Aetra Jakarta dengan PT Medco Gas Indonesia sebagai pemenang lelang proyek SPAM Semarang Barat. Setelah proyek tersebut selesai dibangun, nantinya akan dikelola PT ASB.

"Pembangunan SPAM Semarang Barat dengan skema KPBU ini diharapkan menjadi pionir skema pembiayaan pembangunan di bidang infrastruktur khususnya air minum, dimana proyek itu menjadi harapan masyarakat," kata Pjs Direktur Utama PDAM Tirta Modal, M Farchan, Selasa (11/12/2018).

Sebagai pionir, lounching tersebut rencananya akan dihadiri tiga menteri yakni Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Proyek ini, katanya, juga menjadi pioner dalam investasi dengan skema KPBU. Ia mengklaim telah banyak dari pemerintah daerah lain, BUMD, dan badan usaha yang melakukan studi banding di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang untuk mempelajari skema tersebut.

"Skema KPBU pernah dilakukan di Jatim dan SPAM Lampung. Persoalannya tahapan skema KPBU di sana tidak runtut. Kalau di Semarang ini, tahapannya jelas dan waktu pengerjaan relatif pendek," jelasnya.

Dikatakannya, kehadhiran tiga Menteri tersebut merupakan bentuk apresiasi kesuksesan proyek SPAM Semarang Barat dengan menggunakan skema pembiayaan KKPB yang dijalankan PT ASB.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved