Data Penerima PKH di Jepara Masih Semrawut

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) untuk warga miskin belum sepenuhnya tepat sasaran.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: galih permadi
ISTIMEWA
Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi saat dialog interaktif di Desa Karang Randu Kecamatan Pecangaan Jepara, rabu (12/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA – Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) untuk warga miskin belum sepenuhnya tepat sasaran.

Hal ini dikeluhkan sejumlah warga Desa Karangrandu, Kecamatan Pecangaan Jepara, dengan permasalahan pendataan yang belum diperbarui.

Belum sepenuhnya tepat sasaran program Bansos PKH itu mengemuka, saat Pemkab Jepara menggelar acara dialog interaktif bertajuk “Tilik Desa Bareng Bapak Marzuqi dan Mas Andi”, di pelataran Pasar Sore Karang Randu, Rabu (12/12/2018).

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Petinggi Karangrandu Syahlan, dan salah seorang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karangrandu Tiyo Utoyo, untuk mencari titik temu perihal data penerima program Bansos PKH, khususnya di Desa Karangrandu.

Tiyo mengaku, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Karangrandu sudah berkali-kali melakukan proses verifikasi, mana nama yang termasuk dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos PKH.

Bahkan saat surveri pun, proses validasi juga didampingan tim dari Dinas Sosial (Dinsos).

Namun, data KPM yang muncul setelah itu tidak pernah ada perubahan.

“Apakah ini sengaja datanya yang dilaporkan yang itu-itu saja, atau mereka tidak bisa bekerja,” ujar Tiyo.

Hal senada juga ditambahkan Syahlan, banyak warga miskin di wilayahnya yang tidak mendapatkan bantuan. Beberapa warga yang sudah meninggal pun, imbuhnya, masih tetap terdata.

“Bahkan saya setiap ada usulan petinggi, ada bantuan keluar, di-geruduk masyarakat. Kenapa pak saya kok tidak dapat? Padahal hidup saya dengan orang itu kan lebih enak orang itu?,” imbuh Syahlan.

Terkait tidak tepanya data validasi KPM dari program Bansos PKH, pihak Pemkab Jepara akan mengadakan rapat tindak lanjut dalam waktu dekat.

Rapat yang mengagendakan verifikasi lanjutan ini, nantinya akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Supaya lebih cermat melakukan validasi, serta tepat sasaran dalam menyalurkan bantuan.

“Mulai besok saya akan tanyakan ini langsung dan saya minta data dari anda (petinggi). Dari data anda itu saya nanti akan undang dinas-dinas terkait untuk meverifikasi lanjutan,” ujar Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi.(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved