Anggi Tak Sadar Saat Mendengar Alunan Gamelan Saat Menari Sintren

Beberapa anak terlihat terampil memainkan gamelan dan gendang di sebuah sanggar yang terletak di Dukuh Kaso Tengah, Desa Doro Kecamatan

Anggi Tak Sadar Saat Mendengar Alunan Gamelan Saat Menari Sintren
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Anggi (tengah) saat menjadi Sintren dalam latihan di sanggar budaya yang terletak di Desa Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Kamis (13/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Beberapa anak terlihat terampil memainkan gamelan dan gendang di sebuah sanggar yang terletak di Dukuh Kaso Tengah, Desa Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.

Berbarengan dengan iringan musik, bau wangi kemenyan yang dibakar oleh seorang pemuda tercium begitu kuat.

Irama dari pengiring musik pun semakin kencang. Tak lama, beberapa gadis muncul, lenggak-lenggok gerakan tubuhnya membuka latihan Tari Sintren di sanggar tersebut.

Usai berlenggak-lenggok gadis tersebut kemudian dimasukan ke dalam kurungan yang ditutup kain, seorang pria yang membawa menyan untuk kemudian memberikan mantra di atas kurungan.

Kami pun dibuka, dan gadis yang diketahui  bernama Anggi Ana Saputri (15) seketika berganti baju, dan sebuah tali yang diikat sebelum  dimasukkan ke kurungan  sudah terlepas.

Anggi menari hampir 30 menit, kemudian pria yang mengenakan baju lurik kembali memasukannya kedalam kurungan.

Anggi pun kembali berganti pakaian usai kurungan dibuka untuk kedua kalinya, tak lama, Anggi duduk seolah lemas usai dilempar kain berwarna merah, dan hal menjadi penutup dalam latihan Tari Sintren.

Saat ditanya Tribun Jateng, Anggi mengaku tak sadar apa yang sudah ia lakukan usai dimasukkan dalam kurungan, ia hanya tau saat gamelan dimulai dan menari sebentar.

"Saya hanya ingat sebelum masuk kurungan, namun setelah itu saya tidak sadar apa yang saya lakukan, hanya saja setelah menari badan saya terasa lemas," katanya, Kamis (13/12/2018).

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved