Breaking News:

Pemilu 2019

237 ODGJ dan Keterbelakangan Mental di Kendal Masuk DPT Pemilu 2019

Sebanyak 237 orang memiliki keterbelakangan Mental dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masuk dalam pemilih penyandang disabilitas.

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: m nur huda

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sebanyak 237 orang memiliki keterbelakangan Mental dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masuk dalam pemilih penyandang disabilitas.

Jumlah pemilih penyandang disabilitas di Kabupaten Kendal sebanyak 1.641.

Mereka semua sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Kendal yang jumlahnya sebanyak 778.630 pemilih.

ODGJ dan Keterbelakangan mental tersebut dimasukan dalam kelompok penyandang tuna grahita.

Sementara penyangdang disabilitas yang masuk dalam DPT yakni para tuna netra, tuna daksa, tuna rungu dan wicara, dan penyandang disabilitas lainnnya.

Divisi Pemutakhiran Data Pemilih dan Informasi KPU Kendal, Nurul Akhirin mengatakan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri dalam penyelenggaraan pemilihan umum bahwa Tuna Grahita diperbolehkan untuk memilih dalam pemilu.

"Karena ODGJ bukan dianggap sebagai orang gila yang dinyatakan oleh dokter benar-benar gila dan bersifat permanen. Gangguan jiwa yang dialami oleh ODGJ dianggap sebagai sementara," jelasnya Minggu (16/12/2018).

Teknisnya dalam pemberian suara pada saat pemilihan yakni penyandang disabilitas akan memilih dengan pendampingan baik oleh keluarga maupun petugas TPS.

Nantinya orang yang mendampingi penyandang disabilitas terlebih dahulu mengisi formulir C3 yakni formulir pendampingan. Formulir itu merupakan pernyataan untuk merahasiakan pilihan dari orang yang didampingi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved