FOKUS : Menyongsong Musim Libur

TAK berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, musim libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Memang jumlahnya tak sebanyak pada libur Idulfitri

FOKUS : Menyongsong Musim Libur
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Oleh Abduh Imanulhaq

Wartawan Tribun Jateng 

TAK berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, musim libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Memang jumlahnya tak sebanyak pada libur Idulfitri tapi ribuan calon pemudik telah bersiap-siap pulang ke kampung halaman.

 Seperti biasa pula, tak sedikit warga yang memiliki sudah menyusun rencana merayakan akhir tahun di tempat-tempat wisata. Terlebih institusi pendidikan meliburkan kegiatan belajar-mengajar seusai ujian akhir semester.

 Ada sejumlah destinasi populer yang diyakini bakal menjadi lokasi favorit bagi pelancong. Tak terkecuali yang berada di Jawa Tengah, semisal dataran tinggi Dieng, Bandungan, dan Tawangmangu.

 Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan darat akan berkurang dibandingkan libur Natal tahun lalu. Proyeksi ini sudah mencakup pengguna jasa kereta api.

 Prediksi penurunan ini selain karena kemungkinan peningkatan penggunaan kendaraan pribadi juga karena perbedaan karakteristik dengan angkutan mudik Lebaran. Pada Natal dan Tahun Baru, peningkatan penumpang angkutan darat terjadi di tempat-tempat pariwisata dan keramaian.

Peningkatan justru diprediksi terjadi di jalur laut dan udara. Tentu kita berharap seluruh prediksi itu sudah diantisipasi sehingga arus mudik Natal dan Tahun Baru lancar, mengikuti kelancaran pada masa Lebaran lalu.

 Kesuksesan Operasi Ketupat merupakan cermin bahwa sinergisitas yang baik akan menghasilkan pencapaian yang baik. Kemacetan panjang yang biasa terjadi pada masa mudik dan balik Idulfitri pada tahun ini tak terjadi berkat koordinasi apik seluruh pemangku kepentingan.

 Acungan jempol layak kita berikan kepada kepolisian yang menjadi ujung tombak operasi pengamanan arus lalu lintas dalam kerepotan tahunan itu. Penghargaan yang sama kita haturkan pula kepada semua instansi terkait.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved