Kapolres dan Danlanal Tegal Siap Bantu Nelayan Melaut Cukup dengan Suket Sementara

Nelayan meminta pihak otoritas pelabuhan perikanan Tegal dapat mengeluarkan suket kepada nelayan yang saat ini masih dalam proses perpanjangan SIPI

Kapolres dan Danlanal Tegal Siap Bantu Nelayan Melaut Cukup dengan Suket Sementara
Tribun Jateng/ Mamdukh Adi Priyanto
Kapolres Tegal Kota, AKBP Siti Rondhijah (kiri) dan Danlanal Tegal (kedua kiri) saat bertemu dengan perwakilan nelayan Tegal yang meminta adanya suket, Selasa (18/12/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Para nelayan Tegal tidak bisa melaut lantaran Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) yang sudah diurus tidak kunjung diterbitkan pemerintah pusat.

Karena itu, para nelayan mengadakan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk unsur maritim, kepolisian, dan perwakilan nelayan.

Dalam rapat koordinasi itu, para nelayan meminta pihak otoritas pelabuhan perikanan Tegal dapat mengeluarkan surat keterangan (suket) kepada nelayan yang saat ini masih dalam proses perpanjangan SIPI.

Seperti diketahui nelayan Tegal belum berani melaut lantaran SIPI yang sudah diurus tidak kunjung diterbitkan pemerintah pusat atau Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

SIPI Belum Keluar, Nelayan Merasa Nasib Digantung, Minta Diterbitkan Surat Keterangan

Perwakilan pemilik kapal yang juga Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Riswanto, masih menunggu notulen rapat kesepakatan terkait tuntutan diterbitkannya suket untuk nelayan.

"Kami masih menunggu konsep redaksinya seperti apa. Kami akan pelajari. Kalau ada yang kurang kami tambahi. Kalau cukup puas kami sepakati," kata Riswanto, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, dengan suket yang ditandatangani Kapolres dan Lanal Tegal serta otoritas pelabuan dan dikuatkan pemerintah daerah, nelayan bisa melaut kembali.

Begitu juga untuk nelayan yang SIPI-nya masih berlaku dan habis masa berlakunya pada saat melaut, bisa mengajukan suket melalui HNSI.

Pihaknya juga meminta jaminan keamanan ketika nelayan bisa melaut menggunakan suket.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved