Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pemkot Semarang Antisipasi Kemacetan Lalulintas di 3 Titik Exit Tol

Pemkot Semarang mengantisipasi tiga titik kemacetan selama libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Libur Natal dan Tahun Baru 2019, Pemkot Semarang Antisipasi Kemacetan Lalulintas di 3 Titik Exit Tol
rahdyan trijoko pamungkas
Antrian kendaraan di gerbang tol Manyaran menuju arah Krapyak 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemkot Semarang mengantisipasi tiga titik kemacetan selama libur panjang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Ketiga titik tersebut dianggap rawan kemacetan karena pada libur akhir tahun ini banyak kendaraan dari luar kota yang akan masuk ke Kota Lunpia.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengungkapkan, ketiga titik tersebut yaitu exit tol Krapyak, Jatingaleh dan Kaligawe.

Untuk itu, sejumlah upaya akan dilakukan untuk meminimalisir kemacetan yang parah.

"Asumsinya, Natal dan Tahun Baru ini akan banyak kendaraan dari luar kota yang datang. Apalagi, tol Semarang-Batang juga sudah bisa dilewati kendaraan sehingga tiga lokasi itu berpotensi terjadi kemacetan," kata Hendi, sapaannya, usai rakor pengamanan Natal dan Tahun Baru di Balai Kota Semarang, Selasa (18/12/2018).

Hendi memprediksi, mulai 21 Desember sudah ada kepadatan arus kendaraan yang masuk Kota Semarang.

Maka pihaknya akan menyiapkan upaya pengamanan serta pengaturan arus lalu lintas, agar para pengguna jalan yang melintas di Kota Semarang merasa aman, nyaman, dan dalam suasana kondusif.

"Kami juga akan memberikan jaminan keamanan di tempat-tempat krusial, di antaranya tempat ibadah, mal, dan tempat hiburan. Pusat keramaian yang jadi fokus pengamanan di antaraya di kawasan Simpanglima, Pantai Marina, Banjirkanal Barat dan beberapa tempat lain," paparnya.

Dalam menyambut tahun baru, Pemkot Semarang rencananya juga akan menggelar acara di Banjirkanal Barat. Dua panggung hiburan disiapkan di Jalan Basudewo dan Jalan Madukoro.

"Khusus Jalan Basudewo akan digelar kegiatan hiburan untuk memfasiltasi generasi milenial. Akan ada hiburan band dan lagu-lagu pop. Sementara di Jalan Madukoro, akan kami gelar hiburan musik dangdut untuk memfasilitasi warga yang gemar dangdut," tuturnya.

Sementara itu, Waka Polrestabes Semarang, AKBP Enrico Silalahi menyatakan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019, Polrestabes Semarang menyiapkan 543 personel yang akan berjaga di beberapa titik keramaian.

"Selain petugas Polrestabes, kami juga dibantu 120 personel Brimob Polda Jateng serta tim dari TNI," katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa wilayah yang jadi prioritas pengamanan saat Tahun Baru. Yaitu di Taman Tabanas Gombel, Simpanglima, Pantai Marina, Banjirkanal Barat, Waduk Jatibarang.

"Saat Natal, seluruh gereja di Kota Semarang juga akan ada pengamanan guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan," jelasnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved