Pemkot Salatiga Jamin Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Aman dan Lancar

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga juga siap menyediakan tenaga medis, kesediaan obat, dan tempat pelayanan kesehatan

Pemkot Salatiga Jamin Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Aman dan Lancar
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Wali Kota Salatiga dan Forkopimda Kota Salatiga menggelar jumpa pers terkait persiapan natal dan tahun baru, Selasa (18/12/18). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Eka Yulianti Fajlin

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga bersama dengan Forkompimda Kota Salatiga menjamin kelangsungan kesuksesan perayaan natal 2018 dan tahun baru 2019.

"Semua harus ikut membantu menyukseskan kelancaran perayaan natal dan tahun baru agar Kota Salatiga yang mendapat predikat toleran tetap terjaga," tutur Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, Selasa (18/12/18).

Dia melanjutkan, berkaitan dengan pengaturan lalu lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga siap melakukan pengaturan dan akan terus memantau melalui area trafic control system (ATCS). Sehingga, jika terdapat kemacetan akan langsung bisa tertangani.

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga juga siap menyediakan tenaga medis, kesediaan obat, dan tempat pelayanan kesehatan selama perayaan natal dan tahun baru.

Tidak hanya itu, Yuliyanto juga menjamin stok bahan pangan menjelang natal hingga selesai perayaan akan tetap lancar. Dinas Perdagangan (Disdag) bersama dengan tim satgas pangan Polres Salatiga selalu memantau ketersediaan dan harga bahan pangan menjelang perayaan natal ini.

"Jika nanti ada kenaikan drastis harga bahan pangan, kami akan turun tangan untuk melakukan pemantauan langsung," imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolres Salatiga, Kompol Kristanto telah mempersiapkan 198 pasukan Polri untuk melakukan pengamanan selama perayaan natal di 93 gereja yang ada di Kota Salatiga. Selain itu, ada tambahan personil dari Pemkot Salatiga sebanyak 30 personil.

"Sebanyak 30 personil dari pemkot nanti akan berjaga selama delapan hari, sementara dari Polri akan berjaga selama dua belas hari mulai 23 Desember mendatang," terang Kompol Kristanto.

Lebih lanjut, organisasi masyatakat (ormas) dari Banser sebanyak 100 personil juga akan membantu pengamanan natal dan tahun baru.

Kompol Kristanto memaparkan, Polres Salatiga akan membuka tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Tiga pos pengamanan tersebut akan berada di depan Gereja Efata, Gereja Paulus Miki, dan Gereja Bethany. Sementar satu pos pelayanan berada di bundaran Ramayana.

"Terminal Tingkir nanti menjadi kewenangan Dishub tetapi tetap menjadi pantauan kami," imbuhnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pengamanan secara mandiri.

"Jika mau berpergian, rumah jangan lupa dikunci, kompor harus dimatikan, dan hal-hal kecil lain harus diperhatikan," pesannya. (*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved