Pengurusan Izin Usaha Sekarang Harus Ikut BPJS Ketenagakerjaan

Pengurusan surat izin usaha atau perpanjangan izin usaha di Jawa Tengah saat ini mewajibkan perusahaan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pengurusan Izin Usaha Sekarang Harus Ikut BPJS Ketenagakerjaan
Tribun Jateng/ M Radlis
Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY, Moch Triyono (kanan) dan Kepala DPM PTSP Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo (tengah) saat penandatanganan kerja sama di Gumaya Tower Hotel Semarang, Kamis (13/12/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Radlis

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengurusan surat izin usaha atau perpanjangan izin usaha di Jawa Tengah saat ini mewajibkan perusahaan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu tertuang dalam Perjanjian Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dan DPM PTSP Provinsi Jawa Tengah.
Penandatanganan perjanjian ini berlangsung di Gumaya Tower Hotel Semarang, Kamis (13/12/2018).

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY, Moch Triyono, mengatakan, dalam perjanjian kerja sama tersebut, pihaknya menekankan syarat wajib perizinan usaha harus sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Sebenarnya tujuan utamanya tidak lain agar masyarakat makin sejahtera. Kalau pekerja sudah terjamin, maka kesejahteraannya otomatis akan naik," kata Triyono.

Triyono menyebut, selama ini masih ada perusahaan atau pemberi upah yang tidak mendaftarkan atau hanya mendaftarkan separuh dari pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan.

"Makanya kami kerjasama dengan DPM PTSP agar semua jaminan sosial bisa dirasakan pekerja. Nanti saat perpanjangan izin atau pengurusan baru dicek apakah sudah terdaftar," katanya.

Menurut Triyono, perjanjian ini merupakan payung hukum agar DPM PTSP bisa menekan pelaku usaha agar menjamin pekerjanya.

"Kalau semua tercover, iklim usaha juga akan makin bagus," katanya.

Triyono mengatakan pihaknya mencatat tingkat kepatuhan peserta BPJS Ketenagakerjaan di Jateng DIY terbilang tinggi.

Halaman
12
Penulis: muh radlis
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved