Pengusaha Truk Diperkenalkan Sistem Informasi Angkutan Barang

Dishub Kota Semarang, mengenalkan Sistem Informasi Angkutan Barang (Siabang), kepada Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Cabang Tanjung Emas

Pengusaha Truk Diperkenalkan Sistem Informasi Angkutan Barang
Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Ketua Aptrindo Cabang Tanjung Emas Semarang, Supriyono (kedua kiri) saat menerangkan kepada rekan media mengenai Sosialisasi "Si abang", berlokasi Di Hotel Gumaya, Jalan Gajahmada Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan Kota Semarang, mengenalkan layanan barunya yakni Sistem Informasi Angkutan Barang (Siabang), kepada Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Cabang Tanjung Emas Semarang, di Hotel Gumaya, Jalan Gajahmada Semarang, Selasa (18/12/2018).

Melalui sistem yang sudah dilaunching sejak bulan November 2018 ini, data seluruh perusahaan angkutan barang yang berdomisili di Kota Semarang akan lebih mudah dipantau, karena bisa dilihat secara online dan terus update.

Data yang bisa dilihat meliputi profil perusahaan, jumlah armada perusaha terkait, baik yang terpakai maupun tidak terpakai dan masa berlaku KIR.

Kasi Angkutan Barang Khusus dan Hewan Dishub Kota Semarang, Andreas Catur Ady menargetkan, melalui "Siabang" nantinya tersedia sistem angkutan barang umum, untuk mempermudah pelayanan rekomendasi izin usaha angkutan barang umum di Kota Semarang.

"Untuk target jangka menengah, kami berharap akan tersedianya sistem informasi angkutan barang dengan sistem online. Kemudian tersedianya sistem informasi angkutan barang umum," ujar Andreas, pada Tribunjateng.com, Selasa (18/12/2018).

Adapun, target jangka panjang, kata Andreas, yaitu akan mampu tersedia sistem informasi pelayanan angkutan barang khusus dan hewan.

"Kami sudah minta database jumlah armada dari Aptrindo dan Organda, sehingga bisa ter-update dengan Dishub terkait perizinan dan lainnya," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Aptrindo Cabang Tanjung Emas Semarang, Supriyono berharap kedepannya melalui 'Si Abang pengurusan KIR dan sebagainya, bisa diakses melalui sistem online sehingga lebih mudah.

"Kami sangat mendukung Si Abang dan kedepannya saya berharap pengurusan STNK, KIR tidak lagi hard copy karena sudah bisa diakses secara online," tutur Supriyono.

Dikatakan, saat ini anggota Aptrindo Cabang Tanjung Emas ada sekitar 500 orang, dan ditargetkan dengan kemudahan sistem tersebut semuanya akan diajak ikut bergabung. Ditambah Aptrindo DPD Jateng juga akan digandeng untuk bisa masuk ke sistem ini.

"Sejak beberapa waktu terakhir ini Aptrindo cabang Tanjung Emas Semarang telah melakukan beberapa inovasi, di antaranya sertifikasi sopir, pelopor pembuatan kartu pengenal dan via email untuk sopir di lingkungan pelabuhan Tanjung Emas," jelas dia.(*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved