Jalan Tol Pemalang-Batang Bakal Gratis Hingga Libur Tahun Baru. Segini Rencana Tarifnya Nanti

Pemerintah masih membebaskan masyarakat yang akan menggunakan Jalan Tol Pemalang-Batang hingga awal tahun 2019.

Jalan Tol Pemalang-Batang Bakal Gratis Hingga Libur Tahun Baru. Segini Rencana Tarifnya Nanti
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sugiyartanto saat ditemui Tribunjateng.com, di Jembatan Kalikuto, Kamis (20/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah masih membebaskan masyarakat yang akan menggunakan Jalan Tol Pemalang-Batang hingga awal tahun 2019.

Pasalnya, menurut Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sugiyartanto menjelaskan tarif pemggunaan jalan tol masih akan didiskusikan.

“Kalau untuk tarif tol mormal hitunganya adalah per kilometer seribu rupiah untuk golongan satu, golongan dua dan tiga 1,5 kali lipat dan golongan tiga empat 2 kali lipat,” paparnya saat ditemui Teribunjateng.com dalam peresmian Jalan Tol Pemalang-Batang di Jembatan Kalikuto, Kamis (20/12/2018).

Ditambahkannya, jika jalan tol sudah terintegrasi pihaknya menerangkan ada hitungan tersendiri saat pengguna jalan tol meilasi dengan jarak jauh.

Presiden Joko Widodo: Ayo Coba Tol Dari Merak-Pasuruan, Ada Yang Gratis

“Ada hitungan tersendiri jika pengguna jalan tol melintas dengan jarak jauh, apalagi jika melakukan perjalanan jauh dari Merak sampai Banyuwangi dengan jarak 1150 kilometer, tidak akan disamakan hitungannya dengan tarif normal pasti ada potongannya,” katanya.

Pihaknya kini tengah fokus untuk menata fungsi jalan tol untuk kepentingan masyarat.

Namun, meski digratiskan pihaknya akan membahas penentuan tarif bersama Kementerian Pusat awal tahun mendatang.

“Tol Pemalang-Batang mulai esok hari sudah bisa digunakan, dan para pengguna jalan tol dibebaskan dari biaya. Dalam jangka panjang, biaya tol akan ada penghitungan ulang, karena kami selaku regulator harus mencari solusi untuk kepentingan bersama. Tanpa ada yang dirugikan,” tuturnya.

Edi Pacu Kendaraannya 90 Kilometer per Jam di Tol Yang Baru Diresmikan Presiden Jokowi

Masih dikatakan Sugiyartanto, mengingatkan jalan tol sudah difungsikan, para pengguna jalan diharapkan bisa membatasi kecepatan.

“Kalau berbicara waktu tempuh pastinya lebih cepat melintasi jalan tol dari pada jalur pantura, atau jalur lingkar lainya. Tapi kami berharap para pengguna jalan hati-hati saat melintas di jalan tol dan menjaga keselamatan diri,” tambahnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved