Kabupaten Pekalongan Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Kabupaten Pekalongan akhir 2018 kembali ditetapkan sebagai Kabupaten Peduli HAM dengan memperoleh nilai 88,27

Kabupaten Pekalongan Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Siti Masruroh, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan, Hukum dan Politik di Kantor Kementerian Hukum dan Ham Jakarta, beberpa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kabupaten Pekalongan akhir 2018 kembali ditetapkan sebagai Kabupaten Peduli HAM dengan memperoleh nilai 88,27 sebagaimana tertuang dalam keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-01.HH.02.02 Tahun 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM dan diterima oleh Siti Masruroh, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan, Hukum dan Politik yang mewakili Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Penghargaan tersebut menjadi bukti kinerja Pemerintah Kabupaten Pekalongan tentang kepedulian HAM. Siti Masruroh, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan, Hukum dan Politik berharap prestasi tersebut dapat terus ditingkatkan.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Pekaolngan, sangat berharap prestasi yang sudah diraih bisa terus dipertahankan, dan terus ditingkatkan dalam hal kepedulian tentang HAM,” jelasnya, Jumat (21/12/2018).

Sementara itu, Wakil Presiden RI Yusuf Kalla menyatakan Peringatan Hari HAM merupakan peringatan terhadap Universal Declaration of Human Right yang dideklarasikan oleh PBB pada tahun 1948, dimana pasca Perang Dunia ke-2 masih banyak terjadi diskriminasi dan pelanggaran hak-hak dasar manusia.

"Indonesia memegang peranan penting, sebagai pelopor dalam mendorong negara-negara Asia Afrika untuk merdeka dan menjaga hak-hak dasar manusia. Sementara di Eropa dan Amerika sampai tahun 1960 masih mentolerir tindakan-tindakan diskriminatif. Secara konstitusional Indonesia memiliki UUD yang mencakup pemenuhan HAM," paparnya.

Ia menuturkan, dalam kesempatan peringatan HAM tersebut, Kemenkumham memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yaitu Kabupaten Kota Peduli HAM.

“Penghargaan diberikan kepada Kabupaten Kota yang memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM, yaitu yang memenuhi kriteria dalam upaya pembangunan dalam memenuhi hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak serta lingkungan yang berkelanjutan,” imbuhnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved