9 Peserta Diklatsar Alami Hipotermia Di Jalur Evakuasi Gunung Slamet

Laporan itu berdasarkan dari Tim PMI Siaga Berbasis Masyarakat (Sibat) Sigedong, Bumijawa, Kabupaten Tegal

9 Peserta Diklatsar Alami Hipotermia Di Jalur Evakuasi Gunung Slamet
Istimewa
Sebanyak sembilan (9) peserta kegiatan Diklatsar Sispala Balarata dikabarkan terkena hipotermia di jalur evakuasi bencana Gunung Slamet, Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Minggu (23/12/2018) kemarin pukul 19.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sebanyak sembilan (9) peserta kegiatan Diklatsar Sispala Balarata dikabarkan terkena hipotermia di jalur evakuasi bencana Gunung Slamet, Dukuh Sawangan, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Minggu (23/12/2018) kemarin pukul 19.00 WIB.

Laporan itu berdasarkan dari Tim PMI Siaga Berbasis Masyarakat (Sibat) Sigedong, Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Beruntung, sembilan peserta yang terkena hipotermia itu membaik saat dibawa ke rumah warga terdekat milik Daryono dari hutan.

Para rombongan Diklatsar sendiri berasal dari siswa-siswi SMKN 1 Bumijawa sebanyak kurang lebih 41 peserta.

Saat kejadian, Yusni, staf TU SMKN 1 Bumijawa yang bertugas sebagai pendamping melaporkan kepada tim Sibat Sigedong untuk mengevakusi para peserta Diklatsar.

"Utamanya yang mengalami Hipotermia. Ada sembilan peserta pada sekitar pukul 18.30 WIB, Minggu (23/12/2018) kemarin," kata Yusni, Senin (24/12/2018).

Kemudian, pada pukul sekitar 19.00 WIB, akhirnya enam anggota Sibat Sigedong mulai melakukan evakuasi peserta di jalur evakuasi Dukuh Sawangan, Desa Sigedong yang posisinya berada di hutan dan membawa seluruh peserta turun menuju rumah Daryono.

Pada sekitar pukil 21.00 WIB, petugas TRC Puskesmas Bumijawa dan Tim PMI Kabupaten Tegal tiba ke kediamaman rumah Daryono untuk memberikan penangganan medis awal terhadap sembila peserta yang mengalami hipotermia.

Akhirnya, satu dari sembilan peserta itu harus dirujuk ke Puskesmas Bumijawa untuk tindakan medis lanjutan karena sakit. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved