Breaking News:

GMPK Rambah Mahasiswa, Untuk Perangi Korupsi

Pencegahan tindak pidana korupsi, tidak bisa digantungkan kepada para aparat penegak hukum semata, melainkan para generasi milenial perlu turut serta

Penulis: hesty imaniar | Editor: m nur huda

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pencegahan tindak pidana korupsi, tidak bisa digantungkan kepada para aparat penegak hukum semata, melainkan para generasi milenial pun perlu digencarkan.

Disampaikan oleh, Komisaris PDAM Kota Semarang, Hermansyah Bakri, dalam paparan diskusi kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2018 dan Perayaan Hari Ulang Tahun (Harlah) Ke-2 Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Semarang, mengentaskan masalah korupsi tidak bisa mengandalkan satu dua instansi saja.

"Masalah korupsi jangan hanya mengandalkan aparat penegak hukum saja, karena jelas tidak akan menyelesaikan masalah. Dilematisnya perilaku di masyarakat masih ada yang belum bisa membedakan mana yang menjadi haknya dan mana yang bukan," katanya, Sabtu (29/12/2018).

Dikatakannya, generasi milenial harus juga berani melawan perilaku korupsi, apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, generasi millenial seharusnya bisa memanfaatkan teknologi untuk mengurangi segala bentuk tindakan korupsi.

"Misalkan jika melihat tindak korupsi, masyarakat bisa mengadukan lewat aplikasi yang dimiliki aparat penegak hukum, jadi generasi milenial harus melek teknologi dan lebih aktif dalam memerangi korupsi melalui berbagai ide yang kreatif," ungkapnya.

Dalam acara itu, para peserta juga menyatakan diri untuk tidak melakukan tindak korupsi, kemudian bersama-sama melawan korupsi, dan bertekad untuk menjadikan Indonesia bersih dari korupsi.

Seorang pengusaha ekspor impor asal Semarang, Ong Budiono, menyampaikan, pendidikan merupakan aspek awal yang dapat menentukan seseorang menjadi koruptor atau tidak.

"Korupsi itu pilihan, makanya setiap pilihan memiliki konsekuensi. Aparat penegak hukum juga harus usut tuntas pelaku korupsi, tanpa tebang pilih," sebut Ong, yang juga Wakil Ketua GMPK Semarang ini.

Tidak hanya itu, Ketua Panitia, Dewi Sinta, pun juga turut memberikan suaranya, sebagai organisasi yang fokus pada isu anti-korupsi, GMPK Semarang merasa penting untuk terus menginformasikan berbagai fakta.

Pihaknya berharap generasi muda bisa membangun sebuah aksi, diberbagai lingkungan. Bahkan, kegiatan kali ini, juga bertujuan untuk mengingatkan bahwa pemuda, mempunyai peran penting dalam pembangunan bangsa.(hei)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved