Ombak Setinggi hingga 4 Meter Hantam Pantai Manado, BMKG: Tidak Ada Gempa Kuat di Sulawesi

Gelombang setinggi hingga empat meter menerjang pantai di wilayah Manado, Sulawesi Utara. Kabar tersebut tersebar melalui video berdurasi 27 detik.

Ombak Setinggi hingga 4 Meter Hantam Pantai Manado, BMKG: Tidak Ada Gempa Kuat di Sulawesi
Instagram/@infokotamakassar
Tangkap layar video tentang glombang tinggi di pantai Manado, Sulawesi Utara. 

TRIBUNJATENG.COM - Gelombang setinggi hingga empat meter menerjang pantai di wilayah Manado, Sulawesi Utara. Kabar tersebut tersebar melalui video berdurasi 27 detik.

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (29/12/2018) menurut siaran pers BMKG, pada Jumat kemarin, memang terjadi peningkatan tinggi gelombang di beberapa wilayah Indonesia.

Pada rilis tersebut, diterangkan perairan Manado-Bitung berpeluang terjadi gelombangsetinggi 2,5 - 4 meter.

Gelombang tinggi ini diperkirakan berlangsung dari  28 sampai 31 Desember 2018.

Rilisan pers BMKG juga menjelaskan penyebab adanya gelombang tinggi yang menerpa beberapa wilayah di Indonesia.

"Terdapat pola tekanan rendah 1002hPa, 1003 hPa, dan 1007 hPa di Samudra Pasifik timur Filipina, Laut Arafuru bagian barat dan Laut China Selatan," tulis rilis tersebut.

"Pola angin di wilayah Indonesia umumnya bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 25 knot," sambungnya.

Terkait adanya kabar simpang siur mengenai tingginya gelombang karena gempa, Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menegaskan hal tersebut salah.

"Tidak ada gempa kuat di Sulawesi dari kemarin (yang mempengaruhi gelombang tinggi)," ungkap Daryono melalui pesan singkat, Jumat (28/12/2018).

Sementara itu gempa yang menguncang Sulawesi Utara pada hari ini bermagnitudo 7,1.

Hasil analisi BMKG menyatakan, lokasi pusat gempa berada di 5.85 LU,126.81 BT atau 201 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dengan kedalaman 69 kilometer.

Gempa ini dirasakan di Melonguane Talaud IV MMI, Tahuna Sangihe III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai III MMI, Manado, Ternate, dan Jailolo II MMI.

Meski begitu gempa tak berpotensi tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Sudah kami rilis," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henrry Mengko saat dikonfirmasi Sabtu. (*)

Editor: m nur huda
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved