Pilpres 2019

Ditantang Tes Baca Alquran, Jawaban Kubu Jokowi-Maruf Amin: Pak Jokowi Siap

Juru Bicara TKN Jokowi-KH Maruf Amin, Arya Sinulingga, menyatakan pihaknya siap memenuhi tantangan tes baca Ayat Alquran dari Ikatan Dai Aceh

Ditantang Tes Baca Alquran, Jawaban Kubu Jokowi-Maruf Amin: Pak Jokowi Siap
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Joko Widodo dan Maruf Amin 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga, menyatakan pihaknya siap memenuhi tawaran tes baca Ayat Alquran dari Ikatan Dai Aceh.

"Kita dari pihak TKN, menyatakan Pak Jokowi sangat siap menerima tawaran yang diberikan kawan-kawan Ikatan Da'i Aceh," kata Arya Sinulingga, Sabtu (29/12/2018) sore.

Arya mengatakan pihaknya bisa memahami alur pikir sehingga Ikatan Dai Aceh mengeluarkan tawaran itu.

Ikatan Dai Aceh Usulkan Tes Baca Alquran Bagi Capres

Inilah Surat yang Wajib Dibaca Paslon Capres Jika Penuhi Undangan Tes Baca Alquran di Aceh

Di provinsi itu, salah satu syarat untuk bisa menjadi pemimpinnya adalah bisa membaca Alquran dan mengaji.

"Kita yakin Pak Jokowi siap dan menyatakan kesiapannya untuk menerima ajakan dan undangan dari kawan-kawan Ikatan Dai Aceh. Intinya siap," tegas Arya.

Kata Arya, kita harus menghargai karena ini adalah permintaan dari masyarakat Aceh. Mereka memang dikenal sangat menjunjung ajaran dan melandaskan semuanya dari agama Islam.

"Bahkan kalau kubu Prabowo meminta, misalnya, dibuat tertutup dan hanya didengarkan oleh para juri, itupun kita bersedia," tandas Arya.

Sebelumnya, Dewan Ikatan Dai Aceh mengusulkan adanya tes baca Alquran bagi kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tantangan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak di Banda Aceh, Sabtu (29/12/2018).

"Untuk mengakhiri polemik Keislaman capres dan cawapres, kami mengusulkan tes baca Alquran kepada kedua pasangan calon," kata Tgk Marsyuddin.

Pihaknya berencana mengundang kedua pasangan calon untuk mengikuti uji mampu membaca Alquran. Tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada 15 Januari 2019.

Tes membaca Alquran tidak memengaruhi keputusan KPU. Namun sebagai langkah awal untuk mengakhiri politik identitas yang sudah telanjur terjadi.

Tgk Marsyuddin menyebut bahwa ormas lainnya di sejumlah daerah di Indonesia juga sudah lebih dulu mengusulkan uji membaca Alquran bagi capres dan cawapres.

Pemilu Presiden dan Wapres pada 17 April 2019 diikuti dua pasangan calon, yakni Pasangan Calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan Pasangan Calon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.(*)

Editor: m nur huda
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved