Ribuan Warga Kritisi Kinerja Polres Kendal

Membangun pelayanan yang lebih baik pada tahun 2019, Polres Kendal mengadakan evaluasi kinerjanya selama tahun 2018 pada Minggu(30/12).

Ribuan Warga Kritisi Kinerja Polres Kendal
Istimewa
Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita saat ramah tamah dengan puluhan anggota Banser di kediaman Ketua PC GP Ansor Kendal di Desa Laban, Kecamatan Kangkung, baru-baru ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Membangun pelayanan yang lebih baik pada tahun 2019, Polres Kendal mengadakan evaluasi kinerjanya selama tahun 2018 pada Minggu(30/12).

Evaluasi kinerja polri itu dilakukan bersama ribuan warga Kendal.

Para warga bebas memberikan evaluasi kinerja anggota polres Kendal dengan cara menuliskan penilaian mereka terhadap kinerja polres Kendal itu ke dalam selembar kertas kemudian disimpan ke dalam map berwarna merah yang disediakan oleh Polres Kendal.

Evaluasi tersebut berisi kritik, masukan, dan saran dari masyarakat bahkan dari para Forkompinda Kabupaten Kendal. Nantinya hasil dari pencermatan evaluasi tersebut akan digunakan sebagai dasar peningkatan pelayanan polres Kendal kepada masyarakat Kendal

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mappaita mengatakan poin dari evaluasi ini yakni membuktikan bahwa lembaga kepolisian tidak alergi dengan namanya evaluasi dan kritikan. Ia menambahkan evaluasi secara masal ini juga merupakan implementasi dari Porgram Kapolri yakni Profesional, Modern dan Terpecaya.

"Dalam hal ini kami berupaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan dari masyarakat Kendal terhadap institusi Polri," tuturnya

Ia mengatakan nantinya saran dan evaluasi dari para warga kendal itu tidak dibiarkan begitu saja, namun pihaknya akan melakukan mepelajari evaluasi dari warga tersebut.

"Satu persatu saran akan kami pelajari dan akan kami berikan umpan balik dari evaluasi tersebut dalam bentuk peningkatan pelayanan publik," tuturnya

Berkat evaluasi yang melibatkan warga dalam jumlah banyak itu, Polres Kendal pun akhirnya mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Leprid menilai bahwa hal itu merupakan sebuah prestasi dalam upaya peningkatan pelayaan publik.

"Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat dapat mengkritisi kinerja Polri dan memotivasi kinerja polri agar semakin lebih baik," tutur Hamka.

Sementara itu Bupati kendal, Mirna Annisa pun mengapresiasi langkah Polres Kendal yang melibatkan warga kendal dalam mengevaluasi kinerja Polres Kendal selama setahun.

Ia mengatakan evaluasi yang paling banyak diberikan oleh masyarakat adalah evaluasi yang paling banyak bersentuhan di masyarakat seperti bidang lalu lintas dan kriminal.

"Tindakan menerima kritik dan evaluasi ini kedepannya tidak hanya kapolres saja, namun seperti saya hingga pemangku kebijakan di tingkat desa pun diharapkan bisa menerima kritik dan evaluasi dari masyarakat," tuturnya.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved