Menengok Mal Pelayanan Publik di Banyumas, Urus Izin dengan 102 Jenis Layanan

Pemerintah Kabupaten Banyumas membuka Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk mempermudah pengurusan dokumen

Menengok Mal Pelayanan Publik di Banyumas, Urus Izin dengan 102 Jenis Layanan
Istimewa
Pemkab Banyumas buka mal pelayanan publik untuk permudah pengurusan perizinan 

TRIBUNJATENG.COM -- Sejak era reformasi bergulir, pemerintah terus berlomba melayani masyarakat. Pemerintah Kabupaten Banyumas membuka Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk mempermudah pengurusan dokumen atau pelayanan perizinan oleh masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP), di Mal Pelayanan Publik Banyumas di Jalan Dr. Angka, Purwokerto, Banyumas, Jumat (28/12). MPP ini akan menjadi tempat pelayanan terpadu dengan 102 jenis layanan.

Wahyu mengatakan, sebenarnya Grand Opening akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), namun karena masih berhalangan, Menteri dijadwalkan akan hadir pada Selasa (8/1/2019) mendatang.

“Sambil menunggu Grand Opening oleh Menteri PAN RB, saya mendapat tugas dari Bapak Bupati untuk melakukan soft opening, sambil mempersiapkan segala sesuatu yang dirasa masih kurang,” katanya.

Dengan dibukanya MPP ini, semua pengurusan dokumen diharapkan dapat dilakukan di satu tempat. Dia berharap, tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan "dipingpong" saat meminta pelayanan perizinan, karena semua itu dapat diselesaikan di MPP.

Layaknya mal yang berisi barisan kios pedagang, mal milik pemerintah ini terdiri dari deretan etalase dari berbagai instansi pemerintahan.

Semua pegawai pun yang ada disini pun dituntut bersikap layaknya pramuniaga, antara lain harus ramah, dan cepat memberi pelayanan.

Mal pelayanan publik ini dijadikan proyek percontohan mal pelayanan terpadu oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Di mal terpadu ini, masyarakat tidak perlu wira wiri ke berbagai instansi untuk mendapatkan pelayanan.

"Warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan, semuanya cukup di sini. Kami tidak mau mendengar ada masyarakat mengeluh karena kesulitan mendapat pelayanan," katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Perizinan Satu Pintu (DPMPPTSP) Herni Sulasti, Pemerintah Kabupaten Banyumas memberi kemudahan pelayanan publik dalam satu gedung.

Di gedung ini, terdapat 7 Instansi vertikal, Gerai Jateng dan 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten yang memberi pelayanan antara lain Polres Banyumas, Kantor Imigrasi, BP3TKI Jateng, PBJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak dan Bank Jateng. Dengan total 102 jenis pelayanan dapat dilayani mal ini. (Khoirul Muzakki)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved