Cuaca Buruk Hambat Produksi Kerupuk Tengiri

Cuaca buruk yang beberapa hari terakhir melanda tidak hanya mengjambat pelayaran. Perajin kerupuk tengiri di Jepara rupanya juga merasakan getahnya.

Cuaca Buruk Hambat Produksi Kerupuk Tengiri
rifqi gozali
Produsen kerupuk di Kelurahan Pengkol Jepara, Musdaifah, tengah menjemur kerupuk mentah. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Cuaca buruk yang beberapa hari terakhir melanda tidak hanya mengjambat pelayaran. Perajin kerupuk tengiri di Jepara rupanya juga merasakan getahnya.

Di Kelurahan Pengkol, Kecamatan Jepara Kota misalnya, beberapa produsen kerupuk tengiri telah menyiasatinya saat musim paceklik ikan. Mereka telah menyetik kerupuk saat musim kemarau.

"Kalau musim seperti ini ikan tengiri sulit, produksi terhambat," ujar produsen kerupuk tengiri asal Kelurahan Pengkol, Musdaifah, Jumat (4/1/2019).

Meski ikan sulit para pelaku usaha rumahan kerupuk tengiri itu telah menyetok saat musim kemarau. Mereka memproduksi sebanyak-banyaknya bahan kerupuk mentah saat stok ikan melimpah.

"Jadi saat musim hujan atau cuaca buruk masih ada stok kerupuk mentah untuk dijual," katamya.

Selain tidak ada pasokan ikan tengiri, produksi kerupuk tengiri juga terhambat karena minimnya terik matahari. Dalam proses pembuatan terik matahari dimanfaatkan untuk pengerimgan adonan kerupuk.

"Juga tidak ada panas, jadi susah saat mengeringkan olahan kerupuk," jelasnya.

Ikan tengiri sebagai bahan baku pembuatan kerupuk, katanya, biasanya dipasok dari nelayan Jepara. Atau, kalau dari Jepara tidak ada dia mencarai pasokan dari daerah lain, misalnya dari Juwana.

"Tapi kalau cuaca buruk kali ini di mana-mana sulit cari ikan tengiri," katanya.

Hal senada juga dirasakan oleh produsen kerupuk tengiri lainnya yang juga asal Pengkol, Nur Hikmawati. Mendekati musin hujan, dia sudah bersiap menyetok kerupuk mentah agar saat cuaca buruk hanya tinggal memasarkan saja.

"Kalau saat ini tidak bisa buat kerupuk, kare a tidak ada bahan (ikan tengiri). Tapi kalau saat musim kemarau per hari bisa sampai satu kuintal produksinya," jelas Nur Hikmawati.

Siasat lain yang dilakukan oleh produsen kerupuk tengiri di Kelurahan Pengkol yaitu dengan memproduksi kerupuk dengan bahan baku ikan selain tengiri. Ikan yang menjadi bahan baku misalnya ikan terak, lemadang, atau ikan bandeng.

"Kalau tidak bisa buat ikan tengiri karena tidal ada stok bisa buat kerupuk berbahan baku ikan lain. Kalau ikan laut sampai benar-benar sulit batu buat kerupuk berbahan ikan bandeng yang stok selalu ada," katanya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved