Breaking News:

Penerimaan Bea Cukai Tanjung Emas Lampaui Target

Bea Cukai Tanjung Emas yang memiliki kawasan pabean Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang berhasil melebihi target

ISTIMEWA
Petugas Bea Cukai Tanjung Emas Semarang memeriksa barang masuk dari luar negeri. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bea Cukai Tanjung Emas yang memiliki kawasan pabean Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang berhasil melebihi target penerimaan pada tahun 2018.

Dari target yang dibebankan ke Bea Cukai Tanjung Emas sebesar Rp 2,08 Triliun, mereka berhasil merealisasikan sebesar Rp 2,13 Triliun. Jika dihitung presentase mereka mampu mencatatkan 102,17 persen.

"Kami mengapresiasi seluruh jajaran pejabat dan pegawai Bea Cukai Tanjung Emas yang telah bekerja semaksimal mungkin mengamankan penerimaan negara. Semoga hasil ini dapat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Tjertja Karja Adil seperti dikutip dalam press rilis kepada Tribun Jateng, Jumat (4/1/2019).

Ia menjelaskan penerimaan sebesar Rp 2,13 triliun itu terdiri dari bea masuk Rp 2,02 triliun dan bea keluar sebesar
Rp 0,11 triliun. Bea Masuk dan Bea Keluar adalah pungutan yang dikenakan untuk barang impor dan barang ekspor.

Selain itu, Bea Cukai Tanjung Emas juga berhasil memungut pajak dalam rangka impor sebesar Rp 8,708 triliun yang terdiri dari PPN Impor, PPnBM dan PPh impor.

"Keberhasilan yang dicapai Bea Cukai Tanjung Emas ini tentunya memberikan dampak positif untuk penerimaan Direktorat Jenderal Bea Cukai. Secara keseluruhan Bea Cukai berhasil mengumpulkan penerimaan dengan total Rp 205,24 triliun dari target Rp 194,1 triliun," imbuh Tjertja.

Dengan demikian, secara nasional penerimaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tahun 2018 juga melampaui target yang ditentukan sampai 105,8 persen.

"Kami mengapresiasi seluruh pihak yang berperan dalam menjalankan salah satu tugas dan fungsi bea cukai yakni revenue collector, baik kepada pengguna jasa maupun pegawai bea cukai yang telah berdedikasi tinggi," pungkasnya.(*)

Penulis: rival al manaf
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved