PMI Kota Semarang Kirim Relawan dan Logistik Pasca Bencana Longsor di Sukabumi

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengirimkan relawan untuk mendukung penanganan bencana longsor di Sukabumi, Jawa Barat.

PMI Kota Semarang Kirim Relawan dan Logistik Pasca Bencana Longsor di Sukabumi
ISTIMEWA
Relawan PMI Kota Semarang mengirim bantuan logistik untuk korban longsor Sukabumi, Jawa Barat.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengirimkan relawan untuk mendukung penanganan bencana longsor di Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Markas PMI Kota Semarang, Endang Puji Astuti mengatakan, pengiriman beberapa relawan dipastikan sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Yaitu relawan untuk tim assessment dan tim logistik.

"Ini sesuai dengan instruksi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga relawan yang kita tugaskan bisa benar-benar berfungsi sesuai yang dibutuhkan," kata Endang, Senin (7/1/2018).

Selain mengirimkan relawan, pihaknya juga membawa serta bantuan dari masyarakat, "Kalau untuk bantuan yang kita kirim berupa bahan makanan, peralatan mandi, selimut, pampers, pembalut wanita, susu, dan sebagainya," paparnya.

Dengan pengiriman bantuan tersebut, Endang berharap bisa membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana, dan menjadi pelajaran untuk terus siaga menghadapi bencana.

"Kami berharap partisipasi ini dapat meringankan beban penderitaan masyarakat korban bencana dan sekaligus dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk terus siap siaga dalam menghadapi bencana," ujarnya

Menurut Endang, bencana alam merupakan musibah yang tidak diketahui kapan secara pastinya bisa terjadi. Karenanya, PMI dalam manajemen kebencanaan selalu menekankan keterampilan dalam kesiapsiagaan dini menghadapi bencana, termasuk pula mendidik dan melatih masyarakat dalam mencegah maupun meminimalisir dampak dari adanya bencana.

"Di mana saja dan kapan saja bencana bisa terjadi, sehingga kita harus tetap waspada serta mempersiapkan barang-barang bantuan yang dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, mempersiapkan tenaga-tenaga yang terampil sesuai dengan kebutuhan. Termasuk juga penyediaan peralatan yang dapat mendukung, obat-obatan, dan lain sebagainya. Dengan demikian apabila bencana terjadi, PMI sudah siap," terangnya.

Kepada para relawan yang dikirim, ia berpesan, untuk dapat selalu melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. Selain itu, kata Endang, harus ada koordinasi yang intensif kepada korlap yang ditujuk, dalam hal ini PMI Jateng.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved