Satlantas Polres Kendal Buka Layanan Perpanjangan SIM Malam Hari, Catat Waktu Operasionalnya

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendal membuat terobosan baru pelayanan urusan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Satlantas Polres Kendal Buka Layanan Perpanjangan SIM Malam Hari, Catat Waktu Operasionalnya
tribunjateng/dhian adi putranto
Satlantas Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal menampilkan atraksi menggunakan sepeda motor dan meliuk-liuk mengikuti arah panah dan traffic cone (kerucut lalulintas) yang telah dipasang di area mapolsek Kendal Kota, Jumat (10/8) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendal membuat terobosan baru pelayanan urusan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno menyampaikan pihaknya membuka layanan perpanjangan SIM A dan C pada Sabtu malam yakni mulai pukul 19.00 hingga pukul 21.00.

“Kami mulai berlakukan terobosan tersebut pada Sabtu (12/1/2019) petang esok. Layanan untuk sementara ini hanya bisa dilakukan di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Jalan Soekarno Hatta Nomor 158 Kendal,” terang AKP Edy.

Dalam keterangannya kepada Tribunjateng.com, Selasa (8/1/2019), dia mengemukakan, tujuan dari diselenggarakannya terobosan itu yakni memberikan kesempatan kepada masyarakat, pengendara baik sepeda motor maupun mobil untuk mengurus perpanjangan SIM.

“Tidak dimungkiri, tak semua masyarakat memiliki waktu luang untuk mengurus perpanjangan alat kelengkapan berkendara. Karenanya kini bagi yang sibuk bekerja pada siang hari bisa mengurusnya pada malam hari,” ucapnya.

AKP Edy menambahkan syarat atau prosedur dan biaya dalam mengurusnya sama seperti hari biasa.

“Pada prinsipnya, itu sesuai pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Mekanisme dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM. Tidak ada perubahan,” ujarnya.

Alur maupun syaratnya sama, sambungnya, seperti melampirkan hasil tes kesehatan, fotokopi kartu tanda penduduk secara elektronik (E-KTP), registrasi, membayar PNBP ke perbankan sesuai biaya, hingga mengikuti ujian praktik berkendara.

“Silakan dimanfaatkan fasilitas tersebut. Apa yang dilakukan ini adalah bagian dari visi kami, yakni mewujudkan pelayanan prima yang berkualitas kepada masyarakat. Pesan kami, pemohon untuk dapat menghindari pengurusan SIM tersebut melalui calo,” katanya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved