Wakil Rektor Unika Soegijapranata Semarang: Kini, Seleksi Maba PTN Untungkan PTS

Wakil Rektor Unika Soegijapranata Semarang mengatakan PTS merasa diuntungkan terkait seleksi penerimaan mahasiswa PTN.

Wakil Rektor Unika Soegijapranata Semarang: Kini, Seleksi Maba PTN Untungkan PTS
Logo Unika Soegijapranata 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merasa diuntungkan terkait seleksi penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal ini lantaran adanya kebijakan baru yang dirasa pihak sekolah semakin kecil peluang para peserta didiknya dan ketatnya persaingan agar dapat diterima di PTN.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Unika Soegijapranata Semarang, Benny D Setianto mengatakan PTS semakin terbuka lebar dalam memperoleh calon mahasiswa baru (maba) pada Tahun Akademik 2019/2020.

“Terlebih adanya pemberlakuan sistem akreditasi. Dimana menempatkan PTN dan PTS dalam satu area penilaian yang sama. Dari sistem tersebut bisa menjadi peluang besar khususnya untuk program studi (prodi) yang saat ini belum terakreditasi A,” kata Benny kepada Tribunjateng.com, Rabu (9/1/2019).

Rektor Universitas Negeri Semarang Targetkan Tambah 10 Profesor Di Tahun 2019

Dia mengutarakan, ketika semakin ketatnya persaingan calon maba di PTN dimana diketahui dalam segala prosesnya juga ditangani lembaga independent di bawah Kemenristekdikti RI, PTS khususnya Unika Soegijapranata juga berkesempatan besar memperoleh maba berkualitas ke depannya.

“Jika untuk prodi yang sudah terakreditasi A Unggul tidak terlalu terpengaruh. Karena sudah bisa dikatakan ada peminatnya tersendiri. Cukup mudah dalam memperoleh minat calon maba. Karena itu kesempatan kami pula untuk semakin menepis dikotomi PTN dan PTS,” tukasnya.

Benny berujar, sama seperti di tahun-tahun sebelumnya dalam penerimaan maba, Unika Soegijapranata Semarang memanfaatkan 3 jalur. Yakni Jalur Prestasi, Reguler, dan Antara.

Dari ketiga jalur tersebut, pihaknya bakal semakin mengoptimalkan di setiap proses atau tahapannya.

“Pada proses penerimaan maba di Jalur Prestasi, kami naikkan syarat nilai yang dicapai calo maba ketika mereka di SMA maupun sederajat. Jika sebelumnya rata-rata nilai paling sedikitnya 70, tahun ini kami naikkan antara 75 hingga 85. Tetapi itu tergantung pada peminatan prodi yang mereka pilih,” terangnya.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved