Antisipasi Bencana, Polres Demak Gelar Apel Kesiapsiagaan di Pantai Morosari

Polres Demak menggelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka menanggulangi bencana alam tahun 2019 di Pantai Morosari Sayung Demak pada Kamis (10/1/2019)

Antisipasi Bencana, Polres Demak Gelar Apel Kesiapsiagaan di Pantai Morosari
Tribunjateng/ Alaqsha Gilang Imantara
Bupati Demak, HM Natsir memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Pantai Morosari Sayung pada Kamis (10/1/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Polres Demak menggelar Apel Kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi dan menanggulangi bencana alam tahun 2019. Apel digelar di Pantai Morosari Sayung Demak pada Kamis (10/1/2019) pagi.

Apel Kesiapsiagaan dipimpin oleh Bupati Demak HM Natsir, dan dihadiri oleh Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, Dandim Demak 0716 Demak Letkol Infantri Abi Kusnianto, BPBD, Forkominda, dan Forkomicam Kabupaten Demak.

Bupati Demak, HM Natsir mengatakan kegiatan apel kesiapsiagaan sangat penting untuk membentuk koordinasi bersama dalam penanggulangan bencana alam.

"BPBD dapat menjembatani penanggulangan bencana bersama PMI, TNI, Polres, kecamatan dan desa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Natsir mengatakan, semua pihak harus bersatu padu untuk melakukan langkah-langkah antisipasi sehingga resikonya bisa ditekan seminimal mungkin.

"Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dan berperan aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan," tuturnya.

Pemkab Demak bekerja sama dengan BPBD untuk penanggulangan bencana dan pemberian bantuan bisa dilakukan dengan cepat.

"Bencana yang rata-rata terjadi di Demak yaitu banjir, dan angin puting beliung. Kita dorong masyarakat untuk membersihkan lingkungan terutama sampah-sampah plastik harus dibersihkan,"tuturnya.

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar mengatakan, Apel Kesiapsiagaan dilaksanakan untuk mengecek personil, sarana dan prasarana, langkah- langkah penanggulangan bencana baik sebelum maupun apabila setelah bencana alam.

"Polres Demak berupaya melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat pesisir agar mereka selalu mendapatkan informasi dari BMKG mengenai cuaca dan peta rawan bencana,"ujarnya.

Dia menambahkan, Polres Demak, TNI, BPBD harus siap siaga apabila terjadi bencana alam. Polres Demak telah melakukan latihan dalam menghadapi bencana alam.

Polres Demak melakukan himbauan melalui patroli air dengan menyambangi nelayan dan wisatawan untuk selalu waspada terhadap kondisi alam.

"Apabila ombak tinggi dan angin kencang, pihaknya mengimbau nelayan untuk tidak melaut, termasuk wisatawan pesisir laut agar tidak wisata terlebih dahulu,"harapnya.

Menurutnya, hal itu sebagai upaya Polres Demak untuk memberikan jaminan keamanan masyarakat baik masyarakat pesisir pantai maupun wisatawan.(agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved