Ngopi Pagi

FOKUS : Menyebar Kebaikan Bukan Hoaks

Sebelumnya, kisah bocah 15 tahun asal Kudus ini viral setelah pemberitaan tentang dirinya yang putus sekolah heboh.

FOKUS : Menyebar Kebaikan Bukan Hoaks
tribunjateng/bram
Muslimah wartawan tribunjateng.com 

Oleh Muslimah

Wartawan Tribun Jateng

SLAMET Daryanto atau Riyan mulai bisa tersenyum. Sebelumnya, kisah bocah 15 tahun asal Kudus ini viral setelah pemberitaan tentang dirinya yang putus sekolah heboh.

Riyan putus sekolah saat masih duduk di bangku kelas VIII SMP di tahun 2017 atau setahun setelah ayahnya meninggal dunia. Ia hanya bisa melihat teman-temannya pergi dan pulang sekolah dari jauh sambil berjualan gandos.

Kisah Riyan memang mengiris hati. Jangankan biaya sekolah, untuk makan sehari-hari saja keluarganya kekurangan. Mereka tinggal di bekas gudang yang terletak di RT 1 RW 4 Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus.

Bangunan sempit yang disekat triplek tersebut ditinggali dengan tarif Rp 200 ribu per bulan. Slamet Daryanto tinggal bersama ibu dan neneknya yang sudah berusia 70 tahun.

Ibu Riyan bekerja sebagai buruh rumah makan. Karena penghasilan yang tak mencukupi itulah, Riyan memutuskan keluar dari sekolah dan berjualan gandos. Kisahnya yang viral sampai ke Pemkab Kudus hingga akhirnya Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) menjamin pendidikan Riyan sampai jenjang sekolah menengah atas.

"Kami sudah datang ke rumahnya. Kami upayakan agar dia bisa sekolah sampai SMK," kata Sekretaris Disdikpora Kabupaten Kudus, Kasmudi, Rabu (9/1).

Di hari yang sama kemarin, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menangkap pembuat dan penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara, berinisial BBP.

Ia sudah mencoba menghilangkan barang bukti dengan cara menghapus akunnya, membuang ponselnya, dan melarikan diri hingga akhirnya tertangkap.

Halaman
12
Penulis: muslimah
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved