Program Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, RSUD Pati Tingkatkan Komunikasi dengan Pasien

RSUD RAA Soewondo Pati, satu di antara tiga OPD yang menandatangani Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi.

Program Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, RSUD Pati Tingkatkan Komunikasi dengan Pasien
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Suworo Nurcahyono (kiri) berdialog dengan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Acim Dartasim, Rabu (9/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo Pati merupakan satu di antara tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menandatangani Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Rabu (9/1/2019).

Program tersebut dimotori oleh Pemerintah Kabupaten Pati bersama Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah.

Berkenaan dengan hal tersebut, Ombudsman Jateng melakukan investigasi pelayanan di RSUD Pati. Investigasi tersebut dilakukan hanya beberapa jam setelah penandatanganan piagam.

Sepanjang 2018, Pemerintah Kabupaten Pati Kerjakan 550 Proyek Fisik

Sebelum pelaksanaan investigasi, pihak Ombudsman Jateng tidak melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak RSUD Pati.

"Secara umum, pelayanan di sini berjalan lancar. Pengaduan juga tidak terlalu banyak. Cuma ada beberapa ruangan yang agak panas, perlu ditambahkan AC," ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Acim Dartasim, menjelaskan hasil pengamatannya hari itu.

Menurut Acim, hal yang cukup mendesak untuk dilakukan RSUD Pati adalah menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai status RSUD Pati sebagai rumah sakit tipe B.

"Jangan sampai masyarakat yang batuk-pilek nanti ke sini semua. Bisa repot," ujarnya.

Acim menuturkan, jenis penyakit ringan semacam itu seharusnya dapat ditangani di lembaga pelayanan kesehatan yang berada di bawah rumah sakit tipe B.

Namun, menurutnya banyak masyarakat yang tidak memanfaatkannya.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved