Kapolres Salatiga Yakin Masyarakat Sudah Cerdas Memilah Informasi

Berita palsu (hoaks) baik yang tersebar dari isu nasional ditarik ke lokal atau sebaliknya kurang disikapi secara bijak oleh sebagian masyarakat.

Kapolres Salatiga Yakin Masyarakat Sudah Cerdas Memilah Informasi
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono memberikan keterangan kepada awak media di Mapolres Salatiga beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono meminta masyarakat bisa cerdas mencerna informasi yang beredar menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 melalui media sosial maupun group pesan WhatsApp.

Dia berkata, ada 2 pesta demokrasi yakni Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di tahun ini.

Tidak menutup kemungkinan dan kerapkali terjadi, menurutnya, berita palsu (hoaks) baik yang tersebar dari isu nasional ditarik ke lokal atau sebaliknya kurang disikapi secara bijak oleh sebagian masyarakat.

"Karenanya, tidak capek-capek kami selalu ingatkan jangan pernah percaya sebelum dicek kebenarannya. Jangan mudah terprovokasi, yang berpotensi bisa memecah belah masyarakat," terangnya kepada Tribunjateng.com Senin (14/1/2019).

AKBP Gatot menerangkan, upaya memecah belah masyarakat satu di antaranya melalui kegiatan politik yang dibungkus agama atau acara keagamaan disusupi kepentingan politik tertentu.

Terkait hal itu, pihaknya juga semakin menggiatkan tugas serta fungsi tim khusus patroli dunia maya (cyber crime) menjelang Pemilu 2019.

"Tim Cyber Crime Polres Salatiga terus memantau apapun informasi yang beredar di dunia maya secara realtime. Sejauh ini di wilayah hukum kami belum ditemukan pelanggaran-pelanggaran itu," tuturnya. 

Dia percaya apabila masyarakat Kota Salatiga sudah cerdas dan paham dalam memilah informasi yang diterima. 

"Akan terus kami sosialisasikan hal itu baik melalui tokoh agama maupun masyarakat di berbagai kesempatan," sebutnya. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved