ACT Penuhi Kebutuhan Tanggap Darurat dengan Armada Kebencanaan

Untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan korban bencana, ACT melengkapi diri dengan armada kebencanaan.

ACT Penuhi Kebutuhan Tanggap Darurat dengan Armada Kebencanaan
ACT
ACT Penuhi Kebutuhan Tanggap Darurat dengan Armada Kebencanaan 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Indonesia menjadi bagian dari negara dalam lingkar cincin api pasifik. Hal ini membuat Indonesia rentan terhadap bencana, seperti gunung meletus, gempa hingga tsunami.

Diambil dari data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Oktober saja, korabn jiwa yang tercatat akibat bencana di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 3.548 orang.

Angka ini diprediksi akan meningkat mengingat data tersebut belum mencapai data akhir tahun 2018.

Benar saja, di penghujung akhir tahun, bencana besar melanda pesisir Selat Sunda yang tak jauh jaraknya dari ibu kota. Dilaporkan 437 orang meninggal dunia akibat tsunami Selat Sunda.

Pemukiman tepi pantai hancur, juga perekonomian nelayan lumpuh akibat tsunami dari longsoran Gunung Anak Krakatau.

Sebelumnya, tsunami, gempa bumi, dan likuefaksi juga terjadi di Palu, Sulawesi Tengah hingga ribuan orang masih dinyatakan hilang.

Nusantara yang luas, serta medan di masing-masing wilayah yang berbeda-beda membuat pemerintah maupun berbagai lembaga kemanusiaan menyiapkan strategi tepat mengjangkau korban bencana.

Tak terkecuali Aksi Cepat Tanggap (ACT). Untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan korban bencana, ACT melengkapi diri dengan armada kebencanaan.

Baru-baru ini, sebuah truk tangki pendistribusi air bersih digunakan untuk mengirimkan keperluan air bersih bagi korban tsunami di Selat Sunda.

Truk Tanki Air Bersih oleh ACT
Truk Tanki Air Bersih oleh ACT (ACT)

Ahmad Rifai selaku Koordinator Humanity Mobile Watertank ACT di Indonesia mengatakan, truk yang digunakan ACT untuk mendistribusikan air bersih ialah Hino 500 dengan kapasitas mesin hingga 7ribu cc.

Halaman
1234
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved