KPU Kota Semarang dan Polrestabes Semarang Tandatangani MoU Pengamanan Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang dan Polrestabes Semarang melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengamanan pemilu 2019

KPU Kota Semarang dan Polrestabes Semarang Tandatangani MoU Pengamanan Pemilu 2019
ISTIMEWA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang dan Polrestabes Semarang menandatangani nota kesepahaman Perjanjian Kerja Sama terkait pengamanan pemilu 2019 di Hotel Pesona, Rabu (16/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Eka Yulianti Fajlin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang dan Polrestabes Semarang melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pengamanan pemilu 2019 di Hotel Pesona, Rabu (16/1/2019), Rabu (16/1/2019).

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Semarang Henry Casandra Gultom dan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji SIP.

Selain itu, dalam tataran pelaksanaan juga dilakukan perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Sekretaris KPU Kota Semarang Hery Sutarko, dan Kabag Ops Polrestabes Semarang AKBP I G A Dwi Perbawa Nugraha, S I K, MSi.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menuturkan, penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah dilaksanakan di tingkatan KPU RI dan KPU Provinsi.

Menurut Nanda, sapaan akrabnya, sebelum nota ini disepakati, pihak KPU Kota Semarang dan Polrestabes Semarang telah menjalin komunikasi dan koordinasi terkait tahapan-tahapan yang telah dilalui sebelumnya.

"Proses pengamanan dalam tahapan DCT, DPT, LADK, LPSDK dan Distribusi logistik telah dilakukan dengan baik oleh Polrestabes Semarang," tutur Nanda.

Dia mengungkapkan, proses tahapan pemilu di kota Semarang telah berjalan sesuai dengan target dan harapan.

Meski demikian, dalam pelaksanaan kedepannya, pihaknya membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang lebih intens dengan stakeholder wilayah demi menjaga keamanan dan kelancaran proses tahapan tersebut

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji SIP mengatakan, sebagai pelaksana pengamanan pemilu, Polrestabes Semarang siap mengamankan jalannya pemilu 2019.

Pengamanan yang dilakukan diantaranya pengamanan logistik pemilu, tahapan pelaksanaan kampanye, proses pencoblosan, hingga tahapan rekapitulasi dan pengumuman.

"Kami juga siap menjaga kondusivitas kota dalam pelaksanaan tahapan pemilu 2019," tandas Abioso.

Dia juga menyampaikan kepada KPU Kota Semarang untuk menggelar forum Bersama dalm waktu dekat ini dan mengundang Peserta Pemilu, tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat yang terkait.

Hal ini bertujuan agar semua peserta pemilu dan para pemilih bisa duduk Bersama dan membangun komitmen untuk menjaga Pesta Demokrasi khususnya yang ada di kota Semarang. Sehingga, pesta Demokrasi pada April mendatang dapat berjalan dengan damai, aman, dan tertib.

Acara ini juga dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), serta seluruh Kapolsek dan Ketua PPK Se-Kota Semarang. (*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved